Menu

3 Bahan Alami yang Bisa Obati Batuk Kering, Semuanya Pasti ada di Dapur Moms!

01 Februari 2024 19:30 WIB
3 Bahan Alami yang Bisa Obati Batuk Kering, Semuanya Pasti ada di Dapur Moms!

Ilustrasi seorang wanita mengalami batuk (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sedang mengalami batuk tapi tanpa dahak? Ternyata itu dinamakan dengan batuk kering lho.  kondisi dimana seseorang mengalami batuk terus-menerus, namun tanpa mengeluarkan dahak. Melansir dari laman halodoc.com, batuk kering juga dikenal sebagai batuk tidak produktif karena tidak mengeluarkan lendir atau dahak dari saluran paru-paru atau hidung. Batuk ini cukup mengganggu karena akan menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman saat mengalaminya.

Batuk kering umumnya dapat berlangsung selama berminggu-minggu apabila kamu tidak menanganinya secara benar. Untungnya, ada beberapa tanaman herbal tradisional yang bisa digunakan sebagai obat pereda batuk kering. Bahkan, hampir semua tanaman atau obat herbal tersebut dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita. Berikut 3 obat alami pereda batuk kering yang dapat kamu temui dengan mudah.

1. Madu

Madu memang memiliki berbagai khasiat yang cukup baik untuk meredakan beragam penyakit. Salah satunya adalah meredakan batuk kering. Melansir dari artikel berjudul “What can I do to make my cough go away?”, madu memiliki sifat anti bakteri dan dapat melapisi tenggorokan saat terjadi batuk kering dan mengurangi iritasi yang disebabkan batuk tersebut.

Bahkan, penggunaan madu sebagai obat alami untuk meredakan batuk kering juga disarankan untuk anak-anak. Kamu bisa mengonsumsi madu 2 kali sehari untuk meredakan batuk kering tersebut. Caranya cukup meminum 1-2 sendok makan madu saat pagi dan malam hari. Bisa pula mencampurkannya dengan segelas air hangat untuk memaksimalkan efek relaksasi pada tenggorokan.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap kali digunakan sebagai bahan baku obat tradisional pereda batuk, termasuk batuk kering. Melansir dari artikel yang terbit dalam healthline.com, jahe memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Jahe juga memiliki sifat untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dan mampu menghangatkan suhu tubuh yang berguna untuk melawan bakteri penyebab batuk kering. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara merebusnya menggunakan air dan meminumnya sebanyak 1-2 kali sehari dengan takaran 1 gelas sekali minum.

Baca Juga: Lagi Musim Cuaca Ekstrem, Ini 3 Obat Alami Pereda Batuk Kering yang Wajib Dicoba! Nomor 2 Bikin Lega Banget!

Baca Juga: Rekomendasi Obat Herbal Alami untuk Sembuhkan Batuk Kering, Ampuh Banget Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.