Menu

Gak Usah ke Luar Negeri, Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Bisa Moms dan Keluarga Kunjungi saat Imlek, Mana Daerah Favoritmu?

07 Februari 2024 12:35 WIB
Gak Usah ke Luar Negeri, Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Bisa Moms dan Keluarga Kunjungi saat Imlek, Mana Daerah Favoritmu?

Pertunjukan Barongsai di Chinatown Bandung (Instagram/chinatownbandung)

HerStory, Jakarta —

Moms, untuk kamu dan keluarga yang akan merayakan Tahun Baru Imlek 2024 nanti pada tanggal 10 Februari besok, kira-kira berencana untuk jalan-jalan bersama keluarga kan?

Imlek sendiri memang sering dijadikan kumpul keluarga, maka dari itu biar makin seru, kamu bisa ajak keluarga untuk liburan Moms. 

Biar Moms gak pusing cari destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi saat Imlek, Herstory akan memberikan rekomendasinya. Nah, semua destinasi wisata ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia, ya Moms. Jadi dipastikan kamu gak usah pergi jauh-jauh ke luar negeri, lho.

Daripada bingung, cusss langsung saja simak informasinya yang dikutip dari man Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berikut ini.

1. Jakarta

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, banyak sekali destinasi wisata Imlek yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, lho. Mulai dari Taman Budaya Tionghoa yang ada di Taman Mini Nasional Indonesia (TMII), atau kamu bisa ajak keluarga ke Old Shanghai yang terletak di Kelapa Gading.

Kamu pun bisa memboyong keluarga ke Pantai Indah Kapuk (PIK) saat Imlek nanti, atau ke kawasan Pecenongan, Petak Sembilan Glodok. Nah, tempat-tempat yang direkomendasikan tersebut biasanya mengadakan atraksi barongsai, banyak hiasan ornamen khas Imlek, hingga banjir kuliner yang bisa bahagiakan perut Moms dan keluarga.

2. Palembang

Untuk Beauty dan keluarga yang tinggal di Palembang, ternyata banyak lho destinasi wisata Imlek yang bisa kalian kunjungi saat merayakan Tahun Baru Imlek 2024 besok. 

Kamu dan keluarga bisa pergi ke Pulau Kemaro yang ada di tengah Sungai Musi. Nah, ternyata di pulau tersebut ada Klenteng Hok Tjing Rio dan Pagoda Hok Ceng Bio, lho.

Kamu bisa mengunjungi Pulau Kemaro saat Cap Go Meh atau 15 hari setelah Imlek karena saat ini merupakan momen puncak perayaan Imlek di pulau tersebut. Akan banyak sekali hiburan yang bisa kamu nikmati, mulai dari pertunjukan Wayang Potehi, pertunjukan alat musik tradisional khas Tiongkok, barongsai, drama tradisional Tiongkok, hingga wisata kuliner, lho.

3. Selatpanjang

Untuk Beauty yang tinggal di Selatpanjang pasti sering merasakan Imlek yang meriah, itu karena Riau sangat kental dengan budaya Tionghoa, lho.

Tak heran jika setiap sisi kota akan dihiasi oleh ornamen khas Imlek sehingga terlihat warna-warni.

Di sisi lain, ada juga tradisi Cian Cui atau perang air saat perayaan Imlek ini, di momen tersebut para warga akan keliling menggunakan becak motor sambil menembakan pistol air pada orang sekitarnya, pastinya bakal seru banget kan Moms?

4. Semarang

Beauty untuk kamu yang tinggal di Semarang, nampaknya tak perlu ke luar kota untuk merayakan Imlek. Itu karena di Semarang banyak daerah yang merayakan Imlek, lho, sebut saja di Klenteng Sam Poo Kong, hingga di Pasar Imlek Semawis.

Oh iya, di tahun ini akan ada festival Imlek yang digelar pada 7-11 Februari di Klenteng Sam Poo Kong lho. Nah, untuk rangkaian acaranya akan diisi dengan pertunjukan seni dan tari, atraksi barongsai, hingga bazaar produk ekonomi kreatif dari warga sekitar.

Selain itu, tak kalah menarik dengan perayaan Imlek yang akan diadakan di Pasar Semawis, itu karena titik Gang Baru dan Gang Warung akan dipenuhi hiasan khas Imlek hingga jajanan khas Semarang yang dilengkapi dengan pagelaran Wayang Potehi.

5. Solo

Beauty, untuk kamu yang tinggal di Solo lebih baik ke Pasar Gede yang berdekatan dengan klenteng Tien Kok Sie, karena di tempat tersebut pusat perayaan Imlek 2024 akan digelar. 

Baca Juga: Bikin Netter Syok Gegara Muslim tapi Rayakan Imlek, Inara Rusli Bongkar Alasan dan Silsilah Keluarga! Siapa Sih Eks Virgoun Sebenarnya?

Baca Juga: Rekomendasi Parfum Terbaru dari HINT yang Memiliki Wangi Naga, Penasaran Gak Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.