Menu

Rekomendasi Sunscreen untuk Kamu yang Kulitnya Berjerawat, Jangan Salah Pilih Ya Beauty!

11 Februari 2024 21:00 WIB
Rekomendasi Sunscreen untuk Kamu yang Kulitnya Berjerawat, Jangan Salah Pilih Ya Beauty!

Ilustrasi wanita pakai sunscreen atau sunblock (Freepik/GPOINTSTUDIO)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki kulit yang berjerawat? Jika iya, kamu harus tahu jika kulit berjerawat merupakan salah satu jenis kulit yang paling rentan terhadap efek buruk sinar matahari. Sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, kemerahan, iritasi, hingga penuaan dini. Selain itu, beberapa produk perawatan jerawat juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari jika kamu memiliki kulit berjerawat.

Namun, tidak semua sunscreen cocok untuk kulit berjerawat. Beberapa bahan atau tekstur sunscreen dapat menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi kulit. Lalu, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat?

Mengacu pada NBC News, para ahli mengatakan bahwa ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sunscreen untuk kulit berjerawat:

  • Oil-free, artinya tidak mengandung minyak yang dapat menimbulkan kilap atau jerawat.
  • Non-comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori atau memicu komedo.
  • Fragrance-free, artinya tidak mengandung pewangi yang dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan alergi.
  • SPF minimal 30 PA++++, artinya dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan tingkat perlindungan yang tinggi. Hindari SPF yang terlalu tinggi, karena dapat meningkatkan risiko iritasi dan alergi.
  • Sesuai dengan jenis jerawat dan kulit, artinya dapat menyesuaikan dengan kondisi kulit kamu, apakah berjerawat meradang, komedo, atau berminyak.

Berdasarkan sumber dari Healthline, Ada dua jenis sunscreen yang dapat kamu pilih, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen adalah sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, yang dapat memantulkan sinar matahari dari permukaan kulit. Chemical sunscreen adalah sunscreen yang mengandung avobenzone, octisalate, atau octocrylene, yang dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas.

Physical sunscreen cocok untuk jerawat meradang, karena dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Chemical sunscreen cocok untuk jerawat komedo, karena dapat menyerap sinar UV dan mencegah kerusakan kolagen. Untuk kulit berminyak, pilih sunscreen gel atau lotion yang lebih ringan dan mudah menyerap, daripada sunscreen cream atau stick yang lebih berat dan lengket.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Skincare untuk Beauty yang Punya Kulit Berminyak dan Berjerawat, Cussss Kepoin!

Baca Juga: Kulit Berjerawat Kumpul! Ini Rekomendasi Sunscreen yang Aman Dicoba, Gak Bikin Makin Berminyak dan Meradang Lho Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah