Menu

Duhhh...Rambut Rontok Pasti Bikin Gak Nyaman dan Percaya Diri, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Ternyata Harus...

11 Februari 2024 22:25 WIB
Duhhh...Rambut Rontok Pasti Bikin Gak Nyaman dan Percaya Diri, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Ternyata Harus...

Ilustrasi rambut rontok. (Pixabay/Martin Slavoljubovski)

HerStory, Jakarta —

Beauty apakah kamu merasa jika kondisi rambut dan kulit kepala kepala kamu sedang tak baik-baik saja? Berhati-hati lah karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh modifikasi rambut secara berlebihan yang kamu lakukan.

Bahkan, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 9 Februari 2024 menjelaskan ternyata berlebihan dalam modifikasi rambut bisa bikin rambut kamu jadi rusak sampai-sampai rambut jadi mudah patah dan rontok.

Meski begitu, rambut yang rontok pun bisa disebabkan oleh banyak hal Beauty, mulai dari kekurangan nutrisi atau bahkan gejala dari suatu penyakit.

"Misalnya fluktuasi hormon, kekurangan nutrisi tertentu, perawatan rambut yang tidak tepat, infeksi pada kulit kepala, gangguan autoimun, gangguan hormon, efek samping obat, stres berat, dan sebagainya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Minggu (2/11/2024).

Cara mengatasi rambut rontok

Jika memang rambut Beauty itu kondisinya rusak sehingga rontok, dr. Nadia tak menyarankan untuk kamu terburu-buru menggunakan vitamin rambut, kamu bisa coba tips dari dr. Nadia berikut ini terlebih dahulu. Cusss simak berikut ini.

  1. Karena modifikasi rmabut bisa bikin rambut rusak, sebaiknya hentikan terlebih dahulu, entah mewarna, bleaching, mengeriting, meluruskan dan lainnya.
  2. Saat mencuci rambut setiap 1-2 kali hari sekali, kamu bisa menggunakan shampo dengan formula antirontok, mulai dari virgin coconut oil, rice bran oil, panthenol, dan provitamin B5.
  3. Saat mengeringkan rambut, kamu harus menyisirnya setelah rambut benar-benar kering. Gunakan sisir yang bergigi jarang dan tumpul ujungnya.
  4. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang berlebihan.
  5. Konsumsi makanan yang tinggi zat besi, kalsium, Vitamin D, Vitamin E, zinc, magnesium, selenium, vitamin B kompleks, dan nutrisi lain yang seimbang.
  6. Bijak dalam mengelola stres.

Baca Juga: Waduh! Kebanyakan Keramas Ternyata Bisa Bikin Rambut Rontok Moms, Cusss Cari Tahu Cara Menanganinya!

Baca Juga: 4 Cara yang Harus Beauty Lakukan agar Rambut Gak Rontok dan Bercabang, Nomor 2 Sering Diabaikan Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.