Menu

Anemia Bisa Akibatkan Terhambatnya Tumbuh Kembang Si Kecil, Waspada Kecerdasan Otak Ikut Menurun!

13 Februari 2024 15:55 WIB
Anemia Bisa Akibatkan Terhambatnya Tumbuh Kembang Si Kecil, Waspada Kecerdasan Otak Ikut Menurun!

Ilustrasi anak-anak (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu masalah yang serius dihadapi namun kerap disepelekan adalah anemia. Padahal, anemia kerap menyerang anak kecil lho Moms bahkan di Indonesia anemia masih menjadi permasalahan utama dengan tingkat prevalensi tertinggi di Asia Tenggara, bahkan menempati peringkat ke-4 secara global.

Setaknya, satu dari tiga anak di bawah usia lima tahun di Indonesia menderita anemia. Salah satu faktor utama penyebab tingginya kasus anemia di Indonesia adalah kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya pencegahan anemia sejak dini, seringkali anemia terjadi tanpa gejala yang jelas.

Menurut survei terbaru, setengah dari para ibu tak menyadari bahwa defisiensi zat besi pada anak dapat menghambat perkembangan otak, dan sebagian besar tak tahu makanan apa yang kaya akan zat besi.

Ini menjadi perhatian serius karena pada 5 tahun pertama kehidupannya, anak membutuhkan nutrisi yang tepat, termasuk zat besi, untuk mendukung perkembangan fisik dan kecerdasan kognitifnya.

dr. Ulul Albab, Sp.OG., dari PB IDI, menjelaskan bahwa perkembangan otak anak sangat bergantung pada asupan nutrisi, terutama zat besi. Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang dapat memiliki dampak negatif permanen pada perkembangan kognitif.

Baca Juga: 4 Tips Lakukan Catch-Up Growth, Kejar Tumbuh Kembang Anak yang Terlambat, Moms dan Dads Harus Kerja Sama!

Baca Juga: Eits, Jangan Anggap Remeh Moms! Ternyata Alat MPASI Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Waspada Penyakit Mematikan Mengintai Si Kecil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza