Menu

Alamak! Ternyata Minum Air Putih Bisa Picu Anak Stunting, Kok Bisa Sih?

16 Februari 2024 14:55 WIB
Alamak! Ternyata Minum Air Putih Bisa Picu Anak Stunting, Kok Bisa Sih?

Ilustrasi seorang anak minum air putih. (Pinterest/mnm.com)

HerStory, Jakarta —

Bukannya sehat, ternyata pemberian air putih yang berlebihan bisa menjadi faktor anak terkena stunting karena kurang kalori lho Moms! Kok bisa sih?

"Ini juga yang jadi masalah jadi kapasitas lambung udah biasa sama air putih jadi rasa mau minum susu nggak ada atau makan nggak ada, dampak berkepanjangan kalau dia terlalu banyak air putih, kurang kalori jadinya bisa jadi stunting," kata Radhian, dokter spesialis Ilmu Kesehatan Anak RS Pondok Indah, dr. Radhian Amandito, Sp.A dalam bincang-bincang kesehatan bersama Greenfields dengan tema "Cermat Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak”, dilansir pada Jumat (16/2/2024).

Menurut Radhian, anak yang terlalu banyak mengonsumsi air putih akan menjadikan anak lebih kenyang sehingga tak mau makan atau minum susu.

Padahal, dalam 1.000 hari pertama kehidupan mulai dari anak dalam kandungan hingga dua tahun sangat membutuhkan protein baik dari makanan maupun susu.

Ia mengatakan, masalah tersebut sayangnya masih sering terjadi di kota besar. Hal itu karena ibu yang terlalu banyak menerima informasi dari sumber yang tak valid sehingga terjadi kebingungan akan arahan yang seharusnya.

Meskipun informasi banyak beredar di internet maupun sosial media dari dokter maupun pemengaruh nyatanya tak semua bisa diikuti. Yang terjadi seringkali terlalu dini dalam memberikan MPASI, salah persepsi dalam pemberian buah dan sayur pada anak di bawah satu tahun, dan kurangnya protein hewani seperti susu, keju, atau daging yang menyebabkan anak kurus.

Baca Juga: Anemia Bisa Hambat Tumbuh Kembang Anak, Gimana Cara Terbaik Mencegahnya?

Baca Juga: Anak Bertubuh Pendek Bak Ucok Baba, Apakah Fiks Bisa Jadi Tanda Stunting? Simak Yuk Moms Penjelasan Dokter!

Baca Juga: Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Kenalkan ALIBATA, Apa Itu? Simak Yuk Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan