Menu

Aturan Makan untuk Beauty yang Sedang Diet, Dijamin Tetap Kenyang Tapi Defisit Kalori, Ikutan Yuk!

16 Februari 2024 18:50 WIB
Aturan Makan untuk Beauty yang Sedang Diet, Dijamin Tetap Kenyang Tapi Defisit Kalori, Ikutan Yuk!

Ilustrasi wanita berhasil diet. Berat badannya menunjukkan penurunan. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat kamu memutuskan untuk menurunkan berat badan, hal yang harus kamu ubah adalah pola makan. Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 26 Januari 2024, menjelaskan jika sarapan merupakan hal penting yang harus dibiasakan saat diet, apalagi untuk kamu yang kesehariannya banyak beraktivitas.

"Apabila di kesehariannya Anda lebih banyak beraktifitas di pagi hingga sore hari, tentu sarapan dan makan siang merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga stamina dan meningkatkan fokus Anda," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Jumat (2/16/2024).

Maka dari itu, jika Beauty suka melewatkan sarapan, sebaiknya segera perbaiki kebiasaan tersebut. Di sisi lain, dibandingkan sarapan, dr. Nadia lebih menyarankan untuk Beauty mengurangi porsi makan malamnya.

"Untuk menghindari penumpukan kalori yang tidak terpakai sebab setelahnya Anda akan lebih banyak beristirahat," tutur dr. Nadia.

Pola makan saat diet

Sementara itu, dr. Nadia pun memberikan beberapa tips terkait pola makan yang harus dijalankan oleh seseorang yang sedang diet. Cusss simak berikut ini, Beauty.

  1. Kamu harus tetap makan secara teratur 2-3 kali dalam sehari, terutama sarapan dan makan siang, apalagi untuk kamu yang aktivitasnya padat di pagi dan sore hari.
  2. Kurangi porsi makan kamu secara bertahap, terutama porsi makan yang tinggi karbohidrat, lemak jahat. Misalnya nasi putih, tepung-tepungan, makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, jeroan, kulit hewan, dan camilan manis.
  3. Di sisi lain, Beauty lebih baik memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat, antioksidan. Misalnya sayur, buah, biji-bijian utuh, kacang-kacangan.
  4. Secukupnya dalam konsumsi makanan tinggi protein, karbohidrat kompleks. Misalnya ikan-ikanan, kacang-kacangan, oat, biji-bijian utuh, telur, dan daging tanpa lemak.
  5. Jangan makan terlalu larut malam, lebih baik banyak istirahat.
  6. Jangan langsung tidur sehabis makan, beri jeda setidaknya 2 jam.
  7. Banyak minum air putih.

Baca Juga: Cara Diet dalam Waktu Singkat Tanpa Olahraga, Emang Bisa? Mending Simak Yuk Tips Turunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman di Sini...

Baca Juga: Gak Bikin Kelaparan, Cuss Intip Tata Cara Defisit Kalori untuk Beauty yang Mau Mulai Diet, Mudah Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan