Menu

Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Hilangkan Jerawat, Yuk Mulai Konsumsi dari Sekarang!

23 Februari 2024 06:30 WIB
Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Hilangkan Jerawat, Yuk Mulai Konsumsi dari Sekarang!

Ilustrasi wanita dengan kulit berjerawat yang bingung memilih kosmetik. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering berhadapan dengan masalah jerawat? Usut punya usut menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 21 Februari 2024, ternyata kemunculan jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, lho.

Entah karena pola makan tak sehat, atau kebiasan-kebiasan buruk yang masih sering Beauty lakukan.

"Seperti fluktuasi hormon, stres, diet tidak seimbang, infeksi kulit oleh bakteri, perawatan kulit yang tidak tepat, paparan sinar UV atau iritan lain, dan sebagainya. Karenanya, penanganan atas jerawat juga perlu dilakukan secara komprehensif, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat," tutur dr. Nadia saat menjelaskan penyebab jerawat pada Jumat (23/2/2024).

Cara mengatasi dan mencegah jerawat

Beauty, kamu tahu gak ternyata konsumsi banyak air putih dan makan makanan tinggi antioksidan bisa cegah munculnya jerawat dan bisa sembuhkan jerawat lho.

Kamu bisa mendapatkan makanan tinggi antioksidan, dari buah-buahan, mulai dari lemon, buah bit, buah kiwi, pir, apel, buah berry, pepaya. Lalu dari sayuran mayur, seperti timun, kentang, seledri, brokoli, kale, ubu, tahu, dan tempe. Bisa juga didapatkan dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan makan sehat lainnya.

Di sisi lain, Beauty bisa manfaatkan makanan tinggi lemak baik yang bisa kamu dapatkan dari ikan sarden, tuna, salmon, alpukat, edamame, minyak zaitun.

Baca Juga: Jadi Masalah Kulit yang Paling Umum, Gimana Sih Cara Obati Jerawat pada Remaja Agar Tak Menjamur? Catat dan Simak Ya!

Baca Juga: Meski Efektif Basmi Jerawat, Tiati Beauty Ini Lho Efek Samping Suntik Jerawat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan