Menu

Bukan Cuma karena GERD, Ini Lho Penyebab Beuaty Mual Setelah Makan, Ternyata....

25 Februari 2024 20:00 WIB
Bukan Cuma karena GERD, Ini Lho Penyebab Beuaty Mual Setelah Makan, Ternyata....

Ilustrasi mual. (Healthline/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasa mual setelah makan? Seringkali banyak orang mengaitkan rasa mual dengan gejala GERD, tapi ternyata menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 23 Februari 2024, itu bisa saja disebabkan oleh pola makan yang tak teratur, kekenyangan, posisi makan yang tak tepat, atau juga pengaruh dari jenis makanan dan minumannya sendiri.

"Namun bisa juga, mual yang Anda rasakan muncul karena faktor lain, misalnya tanda awal hamil, efek samping obat, bahkan mungkin penyakit tertentu, seperti GERD, gastritis, malabsorpsi karbohidrat, alergi makanan, obstruksi usus, hepatitis, sirosis, gangguan psikosomatis, migrain, vertigo, gangguan ginjal, penyakit Crohn, tumor otak, dan sebagainya," tutur dr. Nadia saat menjelaskan faktor risiko mual setelah makan.

Karena banyak sekali hal yang bisa bikin Moms mual, menurut dr. Nadia mual bisa saja terjadi karena penyebab sepele hingga berbahaya. Jika memang mual yang Beauty rasakan intensitasnya ringan, kamu jangan panik. Hal yang paling tepat kamu lakukan adalah berikut ini:

  1. Makan teratur dengan porsi kecil tapi sering.
  2. Kunyah makanan secara perlahan hingga lembut, setelah itu baru ditelan.
  3. Batasi konsumsi makanan yang terlalu asam, pedas, berlemak, bergas, berserat tinggi, dan minuman mengandung kafein, susu sapi, soda, atau alkohol.
  4. Hindari berbaring dan tiduranĀ  setelah makan.
  5. Pastikan kamu hanya konsumsi makanan dan minuman yang bersih.
  6. Tenangkan pikiran kamu dan banyak istirahat.
  7. Saat mual, kompres hangat perut kamu, berhenti makan sejenak, longgarkan pakaian, lalu konsumsi air hangat, air jahe, atau teh peppermint agar mualnya reda.

Baca Juga: Habis Bercinta Bukannya Happy Justru Mual? Ini Lho Moms 4 Hal yang Bisa Jadi Biang Keroknya, Simak Yuk!

Baca Juga: Moms Catat! Ini 7 Tips Hindari Rasa Mual saat Oral Seks, PakSu Pasti Langsung Full Senyum dan Banjir Pujian!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan