Menu

7 Makanan yang Bisa Bikin Beauty Menderita Batu Ginjal, Ada Daging Merah Lho!

29 Februari 2024 23:45 WIB
7 Makanan yang Bisa Bikin Beauty Menderita Batu Ginjal, Ada Daging Merah Lho!

Ilustrasi batu ginjal (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ternyata batu ginjal bisa disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi setiap hari, lho. Oh iya, batu dalam saluran kencing ini bisa terbentuk jika dalam urine terdapat zat-zat pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat, dan asam urat. Karena konsentrasinya tinggi terbentuk kristal-kristal yang mengendap dan saling menempel sehingga terbentuklah batu ginjal.

Gejala batu ginjal menurut pakar kesehatan bervariasi seperti sakit pinggang, sering buang air kecil, mual, demam, menggigil dan kelelahan ekstrem.

Keluhan ini rentan dialami oleh orang yang kurang minum, berlebihan mengonsumsi alkohol, faktor keturunan, kelebihan berat badan, masalah pencernaan dan pola makan (diet) yang tak tepat. Berbicara soal pola makan, Anda perlu mengetahui ada beberapa makanan yang memang bisa memicu batu ginjal bila disantap berlebihan.

Apa saja makanan yang bisa memicu batu ginjal? berikut uraiannya seperti dilansir Boldsky.

1. Daging Merah

Daging merah tinggi protein sehingga meningkatkan risiko batu ginjal karena kadar asam uratnya.

2. Minuman berkarbonasi

Mengonsumsi rutin minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan, minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang menyebabkan batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

3. Karbohidrat murni

Karbohidrat dimurnikan seperti nasi putih, gula, dan tepung halus menghasilkan tingkat tinggi insulin yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini dapat memicu pembentukan batu ginjal.

4. Kafein

Terlalu banyak asupan kafein meningkatkan sekresi kalsium dalam urin dan memicu batu ginjal. Karena sifat dieuretiknya, kafein juga memicu dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab utama batu ginjal.

5. Pemanis Buatan

Pemanis buatan dapat mengganggu fungsi ginjal. Menurut penelitian, orang yang kerap mengonsumsi minuman pemanis buatan berisiko tinggi batu ginjal.

Baca Juga: 6 Cara Jaga Ginjal Tetap Sehat, Perbanyak Minum Air Putih ya Beauty!

Baca Juga: Mitos atau Fakta Daun Keji Beling Bisa Sembuhkan Sakit Pinggang karena Batu Ginjal? Ternyata oh Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan