Menu

Minim Kandungan Gula, Ini 6 Camilan yang Aman untuk Diabetesi, Ada Alpukat!

01 Maret 2024 21:00 WIB
Minim Kandungan Gula, Ini 6 Camilan yang Aman untuk Diabetesi, Ada Alpukat!

Ilustrasi menu sarapan terbaik untuk diabetesi. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, karena penderita diabetes tak boleh konsumsi makanan yang bisa membuat kadar gula darahnya tambah tinggi, maka dari itu diabetesi dianjurkan untuk menjalankan diet sehat agar kondisi kesehatannya tak semakin parah.

Walau begitu, bukan berarti tidak boleh makan camilan sama sekali, kan? Camilan untuk penderita diabetes sebenarnya malah cukup beragam.

Bingung memilih camilan sehat yang tidak berdampak buruk pada kondisi diabetes? Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa camilan di bawah ini bisa jadi opsi yang menarik untuk Anda. Simak selengkapnya!

1. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Kacang tanah, walnut, almond, dan berbagai jenis kacang-kacangan lain bisa menjadi camilan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat bisa diperoleh sebagai sumber energi untuk tubuh.

Meski demikian, konsumsinya tetap tidak boleh terlalu banyak karena adanya kandungan karbohidrat. Jadi, konsumsi dalam batasan wajar saja.

2. Sehat dan Mudah, Telur Rebus

Makanan yang digoreng memang tidak terlalu direkomendasikan untuk penderita diabetes. Inilah mengapa kemudian telur rebus jadi camilan untuk penderita diabetes yang tepat. Sebab, proses memasaknya direbus.

Kandungan protein di dalam telur memakan waktu cukup lama untuk diubah menjadi gula darah. Dengan begitu, kadar gula darah tidak akan naik secara pesat dalam waktu singkat.

3. Konsumsi Yoghurt

Olahan susu yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Yogurt dapat membantu menstabilkan gula darah dan memberikan asupan kalsium untuk tubuh serta berbagai nutrisi penting lainnya.

Hanya saja, sebagai catatan, Anda sebaiknya mengonsumsi yogurt yang rasanya plain dan rendah lemak. Ini agar Anda bisa memperoleh manfaat optimal dari olahan susu tersebut.

4. Alpukat dengan lemak tak jenuh

Alpukat dikenal sebagai salah satu makanan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Di sisi lain, kandungan ini juga baik untuk membantu mengontrol gula darah penderita diabetes.

Anda juga dapat memperoleh kandungan serat yang tinggi dalam seporsi sajian buah ini. Alpukat cukup populer karena mudah dikombinasikan dengan banyak buah lain.

Baca Juga: Jangan Dilanggar, Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes, Lebih Baik Perbanyak Serat!

Baca Juga: Gak Usah Pakai Tambahan Lain, Cusss Bikin Oatmeal untuk Menu Sarapan Diabetesi, Minim Kandungan Gula Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan