Makan malam adalah sebuah kegiatan rutin setiap malam yang dilakukan. Tetapi, makan malam bersama keluarga menjadi hal yang sudah jarang dilakukan. Hal ini terjadi karena kesibukan dan berkembangnya teknologi dan gaya hidup baru. Padahal, dengan makan malam bersama keluarga bisa sangat bermanfaat untuk anak dan anggota keluarga lain. 

Banyak orang tua yang sibuk dan memilih untuk makan malam sendiri, karena bisa kemalman jika harus pulang dahulu. Padahal dengan makan malam bersama anak, Moms bisa membuat anak banyak belajar. Dikutip dari Lifehack (7/03/2021) banyak manfaat yang didapat anak saat makan malam bersama. Waktu weekend adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal ini. Jadi sisakan waktumu ya, Moms.

Membantu Anak Berkembang 

Menikmati dan mengobrol bersama bisa membuat anak berkembang. Dengan mengobrol anak bisa meningkatkan bahasa, interaksi, dan etika saat makan. Selain itu, anak juga bisa belajar hal baru, seperti belajar menggunakan sumpit saat makan ataupun belajar meletakkan sendok dan garpu yang benar pada saat makan. Dengan ini, anak dapat berkembang dan mempunyai hal baru yang bisa dibagikan dengan teman-temannya. 

Memperbaiki kesehatan mental anak

Bertukar pikiran dan berbagi cerita merupakan bagian dari makan malam. Pada makan malam, anak mempunyai kesempatan untuk berbicara kepada orang tuanya tentang kegiatannya, sekolah, ataupun kekesalannya terhadap sesuatu.

Hal ini penting untuk meningkatkat mental anak karena dia dapat mendengar solusi dari berbagi pihak dan membuatnya mempetimbangkan sesuatu. Selain itu,anak juga merasa dipehatikan, didengarkan, dan juga dihormati.  

Baca Juga: 4 Aktivitas Ini Gak Boleh Dilakukan Setelah Makan Malam, Kamu Pernah Melakukannya?