Menu

Kamu Harus Tahu, Ini Lho Niat Adus Puasa Ramadan, Cusss Lakuin Sebelum Puasa Pertama

11 Maret 2024 18:00 WIB
Kamu Harus Tahu, Ini Lho Niat Adus Puasa Ramadan, Cusss Lakuin Sebelum Puasa Pertama

Ilustrasi bulan puasa (Sumber/iStockphoto)

HerStory, Jakarta —

Niat adus puasa Ramadan sering dicari menjelang hari pertama puasa. Apalagi sekarang, pemerintah sudah menetapkan jika 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. Itu artinya Beauty dan keluarga sudah mulai berpuasa.

Hadirnya bulan Ramadhan ini pasti disambut suka cita oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Itu karena Ramadan merupakan bulan penuh berkah sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah dan kebaikan agar bisa menghasilkan banyak pahala.

Sementara itu, menjelang Ramadan untuk mempersiapkannya, masyarakat biasanya menjalankan munggahan. Tapi di sisi lain, beberapa umat Muslim melakukan mandi wajib sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berkaitan dengan itu, untuk Beauty yang ingin melakukannya, Herstory pun akan merangkumkan niat adus puasa Ramadan seperti dikutip berikut ini.

Anjuran Adus Puasa Ramadan

Mengutip dari laman Nu Online, ternyata adus Puasa Ramadan sangat dianjurkan, hal itu bisa dilihat dari kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) oleh Syekh Ibrahim al-Bajuri. Berikut ini adalah anjurannya.

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك  

Artinya:

Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.

Beauty bisa cari tahu niatnya di halaman berikut ya!

Baca Juga: Ajarkan Nilai Penting Bersedekah, Momogi Ajak Anak-Anak Berbagi Di Bulan Suci Ramadhan

Baca Juga: Gandeng Foodbank of Indonesia, Nestlé MILO Donasikan 500.000 Gelas Selama Bulan Ramadan, Intip Yuk Kegiatannya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan