Menu

Terasa Dehidrasi? Dokter Ungkap Tips Jaga Kelembapan Kulit saat Puasa, Ternyata Semudah Ini?!

14 Maret 2024 16:25 WIB
Terasa Dehidrasi? Dokter Ungkap Tips Jaga Kelembapan Kulit saat Puasa, Ternyata Semudah Ini?!

Seorang wanita dengan krim pelembab di wajahnya (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu merasa gak sih selama puasa kelembapan kulit tuh sangat berpengaruh karena tubuh cenderung mengalami dehidrasi.

Rupanya, demi menjaga kelembapan kulit saat puasa, dokter estetik dan edukator kecantikan, Dr. Abelina D. Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS, menyarankan untuk selalu memakai pelembap lho!

Menurut Abelina, pelembap adalah suatu keharusan selama waktu puasa, terutama setelah melakukan salat atau wudhu karena kulit akan kehilangan kelembapannya. Hal ini penting terutama karena kebutuhan cairan tubuh mungkin tak terpenuhi selama puasa. 

“Yang wajib dipakai ketika waktu puasa tentu saja moisturizer, itu harus lebih sering apalagi tiap habis salat. Habis wudhu terus itu akan terhapus, harus pakai moisturizer lagi, itu wajib apalagi itu gampang dilakukan,” katanya seperti dikutip dari laman sindikasi konten suara.com, Kamis, (14/3/2024).  

Abelina menekankan bahwa pelembap berperan dalam menjaga kelembapan kulit agar tak mengalami dehidrasi, yang umum terjadi selama berpuasa ketika konsumsi air berkurang. 

Ia juga menyarankan untuk tak terlalu sering melakukan eksfoliasi selama berpuasa karena dapat membuat kulit semakin kering. 

Sebaiknya, eksfoliasi dilakukan seminggu atau dua minggu sekali atau menggunakan gentle pad. Selain menggunakan pelembap, menjaga kulit dari paparan sinar matahari juga penting. Penggunaan tabir surya, topi, payung, atau menghindari sinar matahari langsung dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak. Meskipun berada di dalam ruangan, tetap penting untuk menggunakan tabir surya karena sinar UV dapat masuk melalui jendela. 

Baca Juga: 4 Pantangan yang 'Haram' Dilakukan Penderita Kanker saat Puasa Menurut Dokter Onkologi, Jangan Dilanggar Ya!

Baca Juga: Dokter Gizi Beberkan 9 Jenis Makanan yang Dianjurkan Saat Puasa, Dijamin Kebutuhan Nutrisi Harian Bisa Terpenuhi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan