Menu

Cara Atasi Gatal pada Miss V Secara Alami, Coba Gunakan 4 Bahan yang Ada di Rumah Ini Moms!

14 Maret 2024 20:55 WIB
Cara Atasi Gatal pada Miss V Secara Alami, Coba Gunakan 4 Bahan yang Ada di Rumah Ini Moms!

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasakan gatal di bagian Miss V kamu? Usut punya usut, gatal tersebut bisa  disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur atau eksim. Hal ini sering kali membuat tidak nyaman karena gatalnya dan terkadang membuat sensasi panas.  

Terkadang gatal dan kekeringan disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di dalam dan sekitar vagina. Untuk menghentikan gatal pada vagina, Anda perlu menjaga kebersihan vagina yang tepat. 

Melansir dari Times of India, berikut beberapa pengobatan rumahan yang dapat meredakan gejala gatal pada vagina, antara lain:

1. Yogurt dan madu 

Sifat prebiotik yoghurt membantu dalam mengobati gatal dan terbakar pada vagina. Yogurt bila dikombinasikan dengan madu dapat membantu dalam dua cara pertama, sifat anti-inflamasi madu dan efek menenangkan dari yogurt membantu Anda menghilangkan iritasi.

Kedua, senyawa probiotik dalam yogurt dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan bakteri, mengurangi risiko infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Anda dapat mencampur yogurt dan madu dan mengkonsumsinya sekali sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina. 

2. Bilas dengan cuka sari apel

Sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dari cuka sari apel bekerja sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan terbakar pada vagina. Ini menyeimbangkan pH vagina dan kulit dan juga membantu dengan menyeimbangkan flora vagina.

Anda bisa minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air atau bisa menambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke bak mandi Anda. Jangan menggunakannya tanpa dilarutkan karena dapat menyebabkan buring yang parah.

Baca Juga: Selain Pakai Salep, Ini Cara Cegah Miss V Gatal, Auto Terhindar dari Infeksi Jamur!

Baca Juga: Miss V Bentol-bentol dan Gatal? Tiati 3 Hal Ini Bisa Jadi Biang Keroknya, Jangan Digaruk Berlebihan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan