Menu

Bukan Cuma Gigitan Serangga, Ini Lho 15 Penyebab Bintik Merah pada Kulit, Benarkah Tanda Penyakit Bahaya Beauty?

15 Maret 2024 17:15 WIB
Bukan Cuma Gigitan Serangga, Ini Lho 15 Penyebab Bintik Merah pada Kulit, Benarkah Tanda Penyakit Bahaya Beauty?

Ilustrasi bintik-bintik merah campak pada anak. (Shutterstock/Prostock-studio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki bintik merah pada kulit? Usut punya usut, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, lho Moms. Mungkin ada yang karena bawaan lahir, atau tanda penyakit tertentu.

Di samping itu, Moms harus tahu jika  kondisi kulit yang kamu alami bisa saja menandakan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan, lho. Kamu harus hati-hati karena banyak masalah kesehatan yang awalnya ditandai dengan perubahan kulit, salah satunya adanya bintik merah tapi tak terasa gatal.

Maka dari itu, jika Beauty memiliki tanda merah di kulit tanpa menimbulkan rasa gatal, sebaiknya simak beberapa penyebabnya yang dikutip dari Alodokter berikut ini.

1. Gigitan kutu

Moms, gigitan kutu yang terjadi di kulit biasanya menyebabkan bintik merah. Tapi bintik merah yang terjadi ini biasanya disertai dengan rasa gatal, terbakar, lecet, hingga bengkak, lho.

2. Campak

Salah satu tanda penyakit campak adalah adanya bintik merah di kulit. Biasanya para penderita campak akan merasakan bintik merah jika virus sudah menginfeksi kamu selama 3-7 gari. Jika bintik merah tersebut memang disertai campak, biasanya akan disertai dengan gejala demam, pilek, batuk, mata merah, dan bercak putih di mulut.

3. Tipes

Beauty, kamu harus hati-hati saat bintik merah yang kamu alami tak disertai dengan demam. Itu karena bisa jadi menandakan penyakit tipes atau demam tifoid. Biasanya kondisi ini disertai dengan nyeri otot, sakit perut, kelelahan, serta diare atau sembelit.

4.  Tanda lahir

Jangan khawatir, bintik merah juga bisa jadi tanda taka berbahaya, salah satunya tanda marah sehingga tak akan menimbulkan rasa gatal. Nah, bintik merah karena tanda lahir terjadi karena adanya kelainan pembuluh darah.

5. Ruam popok

Pada bayi yang sering menggunakan popok, hati-hati bisa memicu bintik merah. Nah biasanya ruam popok ini disertai rasa gatal, apalagi untuk anak yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: Ada di Apotek, Ini Lho 3 Rekomendasi Gatal untuk Kulit, Cusss Beli Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan