Menu

Bisa Cegah Berat Badan lahir Rendah pada Janin, Ini Manfaat Lain dari Vitamin D3 untuk Moms Hamil

15 Maret 2024 22:21 WIB
Bisa Cegah Berat Badan lahir Rendah pada Janin, Ini Manfaat Lain dari Vitamin D3 untuk Moms Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum susu (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Moms, selama hamil kamu pasti menjaga asupan makanan sehingga rutin konsumsi makanan yang sehat serta bergizi untuk menunjang tumbuh kembang janin yang kamu kandung.

Tapi, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada a15 Februari 2024, menjelaskan para Moms hamil kebanyakan konsumsi makanan dengan nutrisi yang tak mencukupi kebutuhan gizi untuk proses perkembangan janin.

"Oleh itu dokter kerap menyarankan atau meresepkan vitamin untuk ibu hamil," tutur dr. Riza dikutip Herstory.

Nah, salah satu vitamin yang dianjurkan untuk para Moms hamil adalah vitamin D3. Fyi nih Moms, vitamin D3 ini salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sehingga memudahkan untuk serap kalsium, jaga fungsi otot, bantu pertumbuhan gigi, dan cegah berat badan lahir rendah.

Memang vitamin D ini bisa Moms dapatkan dari makanan sehari-hari, seperti ikan berminyak yang sering didapatkan pada salmon, sarden, telur, daging merah. Selain itu, vitamin D pun bisa didapatkan dari berjemur, lho Moms.

"Sebenarnya suplemen ibu hamil yang mengandung banyak multivitamin umumnya sudah cukup untuk ibu konsumsi karena mengandung banyak vitamin, selama tidak ada indikasi tertentu seperti kekurangan vitamin tertentu maka dosisnya bisa berbeda. Jika ibu ingin konsumsi vitamin D3 bisa konsumsi 1000 IU per hari, namun tetap konsultasikan kehamilan ibu ke dokter secara langsung ya," tutur dr. Riza terkait anjuran Moms hamil konsumsi vitamin D3

Baca Juga: Deretan Manfaat Kacang-kacangan untuk Moms Hamil, Rugi Banget Kalau Gak Dikonsumsi!

Baca Juga: Apakah Wajah Jika Naik Drastis? Intip Yuk Berat Badan Moms yang Ideal Per Trimester

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan