Menu

Helat Gerakan DAURI, PT Sinar Sosro Bersatu dengan HokBen dan Tetra Pak Demi Kelola Sampah Kemasan Minuman dan Makanan

16 Maret 2024 21:00 WIB
Helat Gerakan DAURI, PT Sinar Sosro Bersatu dengan HokBen dan Tetra Pak Demi Kelola Sampah Kemasan Minuman dan Makanan

Gerakan Dauri yang diinisiasi oleh PT Sinar Sosro dan Hokben (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Krisis sampah menjadi salah satu masalah yang terus meningkat bahkan di Indonesia sudah menduduki posisi sebagai salah satu negara penyumbang sampah terbanyak di dunia lho Beauty!

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan berdasarkan data di Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2023, Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik. Menanggapi tantangan lingkungan yang mendesak ini, PT Sinar Sosro pada tahun 2023, menggagas Gerakan DAURI (Daur untuk Negeri) yang merupakan gerakan berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen Indonesia.

Nah, Mulai hari ini Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar nasional, melalui kolaborasi ini PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak, mengajak konsumen restoran HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai’ untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

"Sosro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya untuk mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan paska konsumsi. Bersama HokBen dan Tetra Pak, kami berkolaborasi dan memperpanjang jangkauan Gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," kata Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro yang ikut serta menyatakan optimismenya soal kemitraan ini.

Sebagai bentuk komitmen ini, PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak memulai pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

“Sosro adalah mitra kami selama bertahun-tahun. Melalui Gerakan DAURI, HokBen ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani hingga 50,000 pelanggan setiap hari, HokBen dapat berkontribusi nyata dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah yang lebih luas,” sambut Sugiri Willim, Direktur Marketing PT Eka Bogainti, perusahaan yang memiliki dan mengelola seluruh gerai HokBen yang tersebar di pelosok Indonesia.

Kemitraan dengan Gerakan DAURI mendorong keterlibatan pelanggan HokBen melalui insentif inovatif, yakni apresiasi berbasis kode QR. Pelanggan yang membeli paket/menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan mengumpulkan poin lho Beauty!

Bahkan, PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak menyiapkan apresiasi bagi pelanggan yang mencapai jumlah poin tertentu dan dapat ditukarkan dengan merchandise, seperti notebook, holder untuk smartphone yang dibuat dari materi daur ulang, hingga paket menu HokBen.

Acara peluncuran kerjasama Gerakan DAURI ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan paket Bento Ramadan yang akan berlaku di seluruh gerai HokBen. Paket Bento Ramadan terdiri dari 4 pilihan untuk menemani menu berbuka puasa yang sehat dan lezat yang bisa kamu nikmati di outlet terdekat.

Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak Indonesia menyatakan Tetra Pak Indonesia bangga menjadi salah satu mitra utama Gerakan DAURI. 

Baca Juga: Intip Konsep Supermarket Ramah Sampah yang ada di Super Indo Bandung, Ada Fasilitas Smart Waste Hub Lho!

Baca Juga: Pemerintah Ajak Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif di Hari Peduli Sampah Nasional, Ini yang Dilakukan P&G Indonesia

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan