Menu

Cocok Buat Sahur, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Kenyang Tahan Lama, Ada Susu Rendah Lemak Beauty!

18 Maret 2024 16:00 WIB
Cocok Buat Sahur, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Kenyang Tahan Lama, Ada Susu Rendah Lemak Beauty!

Ilustrasi makan sahur di bulan puasa. (Pixabay.com/Putu Elmira)

HerStory, Jakarta —

Beauty, biar puasa tak merasa lapar, sebaiknya kamu saat sahur konsumsi makanan yang bisa membuat kenyang tahan lama sehingga tak lemas dan bikin tetap fokus.

Kamu harus tahu, ada beberapa jenis makanan yang meski dikonsumsi sedikit, bisa membuat kenyang. Berikut beberapa makanan yang membuat seseorang mudah kenyang saat dikonsumsi melansir laman Medical News Today.

1. Kentang rebus

Kentang rebus dapat menjadi makanan yang membuat seseorang cepat kenyang. Kentang rebus sendiri kaya akan pati, vitamin C, dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, peserta yang memakan kentang cenderung lebih mudah kenyang dan tidak nafsu makan dibandingkan lauk lainnya.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, dan lentil menjadi makanan yang mudah dicerna serta kandungan protein dan serat yang tinggi.

Dalam sebuah jurnal Advanced in Nutrition pada 2010, dikatakan mengonsumsi kacang-kacangan akan mengatur asupan kalori dan membuat seseorang mudah kenyang.

Selain itu, dalam tinjauan sistematis 2014, dalam jurnal Obesity, ditemukan bukti kacang-kacangan akan membuat seseorang mudah kenyang pada makanan berikutnya.

3. Makanan berserat tinggi

Makanan dengan serat tinggi dapat memberikan rasa kenyang pada seseorang. Dalam studi pada 2014, makanan berserat dapat memberikan rasa kenyang.

Tidak hanya itu, makanan berserat juga membantu mengontrol gula darah dan kolesterol. Berbagai makanan berserat tinggi ini seperti, gandum, kacang-kacangan, wortel, bit, pisang, jeruk, dan lain-lain.

4. Produk susu rendah lemak

Dalam studi di jurnal Appetite, yogurt Yunani berprotein tinggi dapat mengurangi rasa lapar pada seseorang dan membuatnya cepat kenyang.

Produk susu rendah lemak juga membantu mengurangi seseorang untuk mengonsunsi makanan dalam jangka pendek.

5. Telur

Telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang berdampak baik bagi tubuh. Mengonsumsi telur juga akan membantu mengurangi rasa lapar pada seseorang.

Sebuah studi dari 2011 di International Journal of Food Sciences and Nutrition juga menunjukkan, orang yang memakan telur memiliki tingkat kekenyangan yang lebih besar dibandingkan makanan lain.

6. Daging dan ikan tanpa lemak

Daging ataupun ikan yang rendah lemak, dapat mengontrol nafsu makan seseorang. Makanan ini juga mendorong penurunan berat badan pada seseorang.

Baca Juga: Bisa Jadi Ide Menu Sahur Praktis, Ini 3 Makanan yang Wajib Ada di Rumah! Cuss Langsung Cek Kulkasmu Beauty!

Baca Juga: Sahur Makin Lahap, Ini Resep Sambal Tempe yang Pedasnya Nampol dan Mudah Dibuat, Tambah Telur Dadar dan Nasi Hangat Makin Nikmat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan