Menu

16 Imunisasi Bayi Lengkap untuk Si Kecil, Jangan Sampai Dilewatkan ya Moms!

19 Maret 2024 09:30 WIB
16 Imunisasi Bayi Lengkap untuk Si Kecil, Jangan Sampai Dilewatkan ya Moms!

Imunisasi anak. (Hellosehat/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Imunisasi bayi lengkap sebaiknya Moms berikan pada anak-anak. Hal itu bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh pada anak sehingga bisa menghindari penyakit atau wabah berbahaya. Selain itu imunisasi bayi bisa bikin anak gak mudah sakit.

Imunisasi bisa dilakukan melalui pemberian vaksin, baik disuntik atau diminum. Nah, untuk jadwalnya sendiri, harus disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Kemenkes dan IDAI.

Selain itu cegah terjadinya penyakit berbahaya, kecacatan, atau bahkan kematian, imunisasi bisa membentuk her immunity (kekebalan kelompok) yang bisa cegah penyebaran wabah tertentu.

Biar Moms dan Dads gak bingung terkait jadwalnya yuk simak urutan imunisasi bayi yang lengkap berdasarkan Kemenkes dan IDAI, simak yuk berikut ini.

Imunisasi anak usia 0-6 bulan

1. Hepatitis B: Imunisasi ini akan diberikan 4 kali, pertama 24 jam setelah bayi lahir, lalu di usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Setelah itu pada usia 18 bulan bayi akan mendapatkan vaksin booster.

2. DPT: Si kecil akan diberikan vaksin 3 kali, yaitu pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Setelah itu pada usia 18 bulan dan 5-7 tahun, anak akan diberikan vaksin booster

3. BCG: Bayi hanya akan mendapatkan sekali, yaitu pada usia 0-1 bulan.

4. HiB: Anak akan mendapatkan vaksin ini 3 kali, yaitu pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Sementara untuk vaksin booster akan diberikan pada usia 18 bulan.

5. Polio: Bayi yang usianya masih 1 bulan akan diberikan vaksin polio oral. Setelah itu anak akan mendapatkan 2 kali vaksin polio suntik sebelum usianya setahun. Setelah itu vaksin polio oral akan rutin diberikan pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 4 bulan,

6. PCV (pneumokokus): Pemberian vaksin PCV kana dilakukan tiga kali, yaitu usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Setelah itu bayi di usia 12-15 bulan akan mendapatkan vaksin booster.

7. Rotavirus: Vaksin rotavirus dengan jenis monovalen akan diberikan dua kali. Dosis pertama pada usia 6 minggu, dan kedua akan diberikan pada usia 10 minggu atau maksimal usia bayi 24 minggu.Di sisi lain, vaksin rotavirus jeni pentavalen akan diberikan tiga kali, yaitu pada usia 6-12 minggu, kedua pada usia 4-10 setelahnya, setelah itu akan diberikan pada usia 32 minggu.

Baca Juga: Jadwal Imunisasi Hepatitis B untuk Bayi, Jangan Dilewatkan Moms, Bisa Tangkal Virus HBV!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan