Menu

Gak Hanya Lavender, Ini Lho 7 Tanaman yang Bisa Cegah Nyamuk Masuk ke Rumah, Yuk Mulai Tanam Moms!

19 Maret 2024 15:15 WIB
Gak Hanya Lavender, Ini Lho 7 Tanaman yang Bisa Cegah Nyamuk Masuk ke Rumah, Yuk Mulai Tanam Moms!

Ilustrasi seorang wanita sedang merawat tanaman. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukah kamu ternyata ada tujuh tanaman pengusir nyamuk yang cocok ditanam di depan rumah. Jadi, tak perlu dengan menggunakan pestisida atau obat nyamuk.

Namun, tetap Anda harus rutin membersihkan lingkungan, menaburkan bubuk pembasmi jentik nyamuk, dan menutup tempat penampungan air.

Berikut adalah beragam tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda pilih seperti dilansir dari Alodokter:

1. Serai wangi

Serai wangi memiliki aroma yang segar bagi manusia, tetapi tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa Anda tanam langsung di pekarangan rumah.

Selain bisa ditanam di rumah, ekstrak serai wangi banyak dijual berbentuk lilin atau lotion anti nyamuk untuk menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk.

2. Lavender

Tidak hanya harum dan indah dipandang mata, menanam bunga lavender di halaman rumah atau pot bunga juga bisa mencegah nyamuk hadir di rumah Anda, lho.

Bunga lavender yang telah dihancurkan bisa menghasilkan minyak yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Selain menghalau gigitan nyamuk, tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini juga bisa menghaluskan kulit.

3. Bawang putih

Bumbu dapur ini tidak hanya bermanfaat sebagai makanan dan obat herbal, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan juga sebagai bahan pembunuh jentik dan telur nyamuk.

4. Seledri

Selain bisa diolah menjadi bahan masakan, seledri merupakan tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah atau dalam pot.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak seledri sebanyak 5–25% ke kulit bisa mengusir nyamuk hingga 4,5 jam.

5. Catnip

Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti gulma ini mampu melindungi Anda dari nyamuk selama 7 jam. Selain itu, ekstrak catnip juga digunakan sebagai obat pembasmi serangga dan hama atau pestisida.

Baca Juga: Nyamuk Mulai Datang karena Musim Hujan? Ini 7 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusirnya, Moms Wajib Tanam di Pekarangan Rumah Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan