Menu

Be Hati Spill Tips Kulit Bebas Dehidrasi Selama Puasa, Beauty Harus Tahu Nih!

22 Maret 2024 06:40 WIB
Be Hati Spill Tips Kulit Bebas Dehidrasi Selama Puasa, Beauty Harus Tahu Nih!

ilustrasi atasi kulit dehidrasi selama puasa (dok. istimewa/Be Hati)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa. Usut punya usut, berdasarkan dari banyak penelitian dan jurnal ilmiah, ternyata banyak efek positif yang akan dirasakan tubuh saat menjalankannya.

Salah satu manfaatnya, yaitu menurunkan berat badan, lalu puasa juga bisa perbaiki metabolisme tubuh hingga jaga kesehatan jantung.

“Banyak juga penelitian yang menyebut bahwa puasa bisa mendetoksifikasi dan membuat regenerasi sel kulit menjadi lebih baik,” kata dokter spesialis kulit sekaligus pemilik Be Hati Skin Clinic, dr Khoirul Hadi Sp.KK.

Tapi di sisi lain, ternyata banyak wanita yang mengeluhkan kulitnya kering dan bibirnya pecah-pecah selama berpuasa, padahal hal itu menurut dr Khoirul Hadi Sp.KK bisa dicegah lho.

Dia menyarankan, kebutuhan tubuh terhadap cairan sebanyak 8 gelas tiap hari harus tetap tercukupi. Air putih bisa diminum dengan pembagian 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat sebelum dan sesudah Tarawih.

“Selain itu pastikan kita makan sahur dan berbuka dengan gizi seimbang serta buah-buahan yang mengandung air serta menghindari kafein,” kata dia.

Selama berpuasa, penggunaan pelembap kulit juga sangat disarankan. Pastikan pelembap yang digunakan sesuai dengan jenis dan karakter kulit.

Meski sedang berpuasa, olahraga ringan juga tidak boleh ditinggalkan. Hal ini penting agar sirkulasi oksigen di dalam tubuh tetap lancar sehingga membuat kulit tetap segar dan cerah.

Baca Juga: Dokter Gizi Spill 3 Makanan yang Harus Dihindari Selama Puasa, Bikin Dehidrasi hingga Sakit Perut!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan