Menu

5 Kegiatan Ini Jika Dilakukan di Siang Hari Selama Ramadan Bisa Bikin Batal Puasa, Bukan Cuma Makan dan Minum!

22 Maret 2024 11:50 WIB
5 Kegiatan Ini Jika Dilakukan di Siang Hari Selama Ramadan Bisa Bikin Batal Puasa, Bukan Cuma Makan dan Minum!

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty harus tahu apa saja kegiatan yang bisa membatalkan puasa. Itu harus dilakukan demi menjaga sahnya puasa yang kamu jalankan. Lalu apa saja hal yang membatalkan puasa?

Puasa sendiri merupakan rukun iman Islam yang harus dijalankan oleh seluruh umat Muslim dengan catatan sudah baligh, sehat, dan tak sedang dalam berpergian jauh.

Selain menjalankan amalan-amalan puasa, para umat Islam wajib menghindari kegiatan-kegiatan yang bisa membatalkan puasa, mengutip dari NU Online inilah hal yang bisa membatalkan puasa

1. Makan dan Minim

Beauty jika kamu memasukan suatu hal berupa makanan, minuman atau lainnya melalui anggota tubuh yang berlubang, seperti mulut, telinga, dan telinga hal itu akan membatalkan puasa. Tapi jika hal itu terjadi karena lupa atau tak sengaja, maka tak batal.

2. Konsumsi obat

Jika seseorang melakukan pengobatan dengan cara memasukannya pada  qubul dan dubur, maka bisa membatalkan puasa. Seperti misalnya, Beauty harus memasang kateter atau mengobati ambeien.

3. Muntah dengan sengaja

Jika Beauty sengaja ingin memuntahkan isi perut bisa bikin puasa batal, tapi jika kamu muntah tanpa sengaja atau tiba-tiba muntah tanpa menelan sedikit pun muntahannya, maka masih sah puasanya.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan