Menu

Trainer Olahraga Spill Jadwal dan Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa, Simak Yuk Beauty

22 Maret 2024 12:50 WIB
Trainer Olahraga Spill Jadwal dan Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa, Simak Yuk Beauty

Seorang wanita sedang olahraga ringan di rumah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

FX Mario yang merupakan trainer olahraga memberikan tips tentang waktu yang tepat untuk olahraga, serta memberitahu apa saja jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan saat berpuasa.

Bicara soal kebiasaan olahraga, ternyata 80% populasi manusia kurang melakukan aktivitas fisik. Dalam kondisi makan/minum normal, World Health Organization (WHO) menyarankan agar orang dewasa dengan usia antara 18 - 64 tahun sebaiknya melakukan aktivitas intensitas sedang (jalan cepat, bersepeda, berenang, menari) dalam durasi antara 150 - 300 menit; atau olahraga intensitas tinggi (mountain climbers, jumping jacks, high knees, push-up)  selama 75 - 150 menit per minggu.

Dania Iriyani, Marketing Manager Fisik Sport berkata, ”Olahraga atau aktivitas fisik akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh terutama jantung, mengurangi kemungkinan terjadinya depresi, serta meningkatkan kemampuan berpikir. Sehingga melakukan olahraga secara teratur penting untuk dilakukan oleh setiap orang.”

Nah, saat berpuasa, menurut FX Mario ada tiga waktu yang bisa dipilih untuk Beauty melakukan olahraga selama bulan Ramadan, yaitu sebelum atau sesudah buka puasa, dan setelah sahur.

“Bagi yang memilih untuk berolahraga sesudah sahur, bisa dilakukan saat Anda sudah terbiasa berpuasa sehingga tidak mengganggu aktivitas di sepanjang hari,” tambah founder Garuda Infinite Fit Camp tersebut dikutip Herstory dari keterangan resmi pada Jumat (22/3/2024).

Untuk jenis latihan yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah olahraga intensitas ringan seperti jalan santai, atau angkat beban dengan pengurangan berat dan penambahan repetisi. Jika ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, FX Mario menyarankan untuk dilakukan 1 - 2 jam setelah berbuka puasa.

"Namun harus diperhatikan agar olahraga di malam hari tersebut tidak mengganggu siklus tidur, karena istirahat cukup lebih penting daripada memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat,” tambahnya.

Jenis sepatu sesuai olahraga

Sementara itu, meski intensitas olahraga saat berpuasa harus ringan, itu bukan berarti Beauty gak perlu pakai sepatu, lho. Maka dari itu, Dania menyarankan untuk memilih sepatu sesuai dengan tipe olahraga yang akan kita lakukan.

Baca Juga: Jangan Salah karena Bisa Bikin Lemas, Ini Durasi yang Dianjurkan Dokter untuk Olahraga Saat Puasa

Baca Juga: Dokter Spill 5 Jenis Olahraga yang Bisa Beauty Lakukan Saat Puasa, Pilih yang Intensitasnya Rendah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan