Hari ini tepat 8 Maret, yaitu dimana hari yang spesial bagi semua wanita di dunia karena memperingati International Women's Day. Peringatan ini ditujukan untuk mecapai kesetaraan gender dan hak-hak wanita yang berawal pada 1908 dimana wanita turun ke jalan untuk meminta hak- haknya sebagi wanita dipenuhi, terutama dalam pekerjaan. 

Setelahnya, banyak negara yang memperingati International Women's Day pada 8 Maret. Ditetapkannya hari wanita sedunia secara resmi pada 8 Maret oleh PBB ini merupakan jasa dari wanita asal Jerman Timur, Clara Zetkin. Siapa Clara Zetkin? Yuk Beuty, kita simak penjelasan berikut!

Profil Clara Zetkin

Clara Zetkin lahir di Sanken, Jerman Timur pada 1 Juli 1857 yang bernama asli Clara Eissner menurut Encyclopedia Britannia. Kehidupan Clara Eissnerberkecukupan dan juga Clara berasal dari keluarga yang berpendidikan dan terpandang. Walaupun begitu, Clara Eissner bersekolah tinggi dan pada saat bersekolah dia mulai mlihat bagimana nasib buruh. 

Setelah menempuh pendidikan di kota Sanken, Clara Eissner mengikuti sekolah di kota Leipzig. Disana dia bertemu dengan aktivis marxis, Ossip Zetkin yang kemudian menjadi suaminya dan merubah namanya menjadi Clara Zetkin. 

Baca Juga: International Woman's Day Bikin Dirimu Ingin Jadi Wanita Mandiri? Why Not!