Menu

Biar Puasa Ga Bikin Orang Pingsan, Ini 3 Cara Mudah Rawat Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Ramadan, Cuss Langsung Coba!

23 Maret 2024 14:55 WIB
Biar Puasa Ga Bikin Orang Pingsan, Ini 3 Cara Mudah Rawat Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Ramadan, Cuss Langsung Coba!

Ilustrasi mulut bau (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kamu pernah merasa gak sih saat menjalankan bulan puasa Ramadan, mulut menjadi kering dan karena air liur berkurang tentu mulut rasanya sangat bau.

Itulah mengapa merawat kesehatan mulut dan gigi dengan lebih rajin saat bulan Ramadan sangat diperlukan, Beauty!

Kebersihan mulut dan gigi penting untuk menunjang kekhusyukan dalam meningkatkan spiritualitas, khususnya di bulan Ramadhan.  Mulut dan gigi yang bersih tak akan mengganggu aktivitas ibadah.  Sebaliknya, jika kebersihan mulut dan gigi tak terjaga, akan timbul masalah, mulai dari bau tak sedap, plak gigi, gigi berlubang, sakit gusi, hingga infeksi gigi yang berpotensi menjadi komplikasi.

Dikutip dari laman alodokter, disebutkan bahwa gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi dan sepsis, yaitu kondisi di mana bakteri dari gigi berlubang masuk ke aliran darah dan dapat berkembang menjadi syok septik yang berbahaya bagi nyawa.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menjaga mulut dan gigi tetap sehat selama berpuasa:

1. Gosok Gigi Secara Rutin

Meskipun sebagian orang malas menggosok gigi setelah makan sahur karena ingin kembali tidur, tetapi penting untuk tetap melakukannya.  Menggosok gigi dengan benar dan secara rutin, minimal 2 kali sehari, membantu mempertahankan kesehatan mulut dan gigi.  Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk perlindungan ekstra dari kerusakan gigi. Hindari menggosok gigi terlalu keras.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih membantu membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, sehingga mencegah terbentuknya plak gigi. Minumlah minimal 8 gelas air sehari dengan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas selama berbuka puasa, dan 2 gelas lagi saat menjelang tidur.

Baca Juga: Gak Cuma Penuh Berkah, Cap Panda Berbagi Kesegaran di Bulan Ramadan! Makin Bikin Semangat Beraktivitas!

Baca Juga: Kampanye 'San Remo Mendekatkan', Bisa Jadi Ajang Moms dan Dads Makin Dekat dengan Keluarga Selama Ramadan, Intip Yuk Cara Ikutannya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan