Menu

Gak Cuma Gigitan Nyamuk, Ini Penyebab Demam Berdarah yang Sering Dilewatkan Orangtua, Catat dan Cermati Ya Moms!

25 Maret 2024 12:55 WIB
Gak Cuma Gigitan Nyamuk, Ini Penyebab Demam Berdarah yang Sering Dilewatkan Orangtua, Catat dan Cermati Ya Moms!

Ilustrasi sakit karena demam berdarah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyebab demam berdarah belakangan ini tengah menjadi sorotan karena meningkatnya kasus yang terjadi di Indonesia. Lalu, apa sih penyebab utama demam berdarah? Apakah demam berdarah bisa menular?

Diketahui bahwa demam berdarah atau DBD adalah kondisi yang lebih parah dari demam dengue karena berpotensi mengancam nyawa lho Moms!

Biasanya gejala DBD meliputi sakit perut parah, gusi berdarah atau perdarahan di bawah kulit, perut bengkak, muntah darah, sulit bernapas, kulit terasa lembap dan dingin, hingga kehilangan kesadaran.

Ada banyak sekali penyebab demam berdarah yang perlu kamu ketahui gak cuma dari gigitan nyamuk saja. Penasaran apa saja? Simak yuk ulasannya!

Curah hujan tinggi

Karena curah hujan yang tinggi, penyakit DBD juga kian meningkat karena menimbulkan genangan air di berbagai tempat. Genangan air ini biasanya terbentuk di talang air, ban bekas, kaleng atau botol bekas, pelepah daun, hingga lubang pohon dan menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Itulah kenapa risiko penularan virus dengue di masyarakat akan meningkat pula.

Baca Juga: Kasusnya di Indonesia Semakin Meningkat, Moms Simak Yuk 5 Gejala Demam Berdarah yang Sering Terjadi, Bukan Cuma Sakit Kepala!

Baca Juga: Kasus DBD Makin Naik, Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan Demam Berdarah! Moms Sudah Tahu Belum?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan