Menu

Mitos atau Fakta Jika Puasa Bisa Bikin Makan Berlebihan? Ternyata oh Ternyata...

25 Maret 2024 21:35 WIB
Mitos atau Fakta Jika Puasa Bisa Bikin Makan Berlebihan? Ternyata oh Ternyata...

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pernah gak pas buka puasa makan banyak sekali makanan sebagai ajang balas dendam karena sudah berpuasa selama kurang lebih 12 jam? Usut punya usut nih Beauty, jika kamu makan berlebihan saat berbuka puasa, maka sangat berisiko untuk mengalami perut kembung, hingga berat badan bisa naik, lho.

Padahal nih Beauty, mengutip Alodokter, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika sebagian besar orang yang berpuasa, asupan jumlah kalorinya justru lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tak berpuasa. Nah, terkait apakah puasa bisa bikin makan berlebihan apakah mitos atau fakta, hal itu tergantung pada pribadi masing-masing.

Nah, biar kamu gak makan berlebihan, sebaiknya kamu makan seperti porsi normal kamu. Selain itu, kamu harus mengawali buka puasa dengan minum air putih.

Di sisi lain, jika kamu membiasakan buka puasa dengan makan berlebihan, hati-hati akan mengalami gangguan pencernaan, itu karena saat kamu makanĀ  berlebihan, sistem pencernaan akan kaget karena sebelumnya perut kosong.

Hal yang lebih parahnya, kamu bisa mual dan muntah jika terlalu banyak makan saat buka puasa. Itu karena lambung akan meregang, pada akhirnya kamu akan merasa mual dan muntah.

Baca Juga: Gak Cuma Bikin Obesitas, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Kebiasaan Makan Berlebihan, Bahaya Banget!

Baca Juga: Biar Berat Badan Gak Gampang Naik, Ini Tips Menghentikan Kebiasaan Makan Berlebihan di Malam Hari, Cuss Praktekin!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan