Menu

Jangan Dilanggar, Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes, Lebih Baik Perbanyak Serat!

28 Maret 2024 16:55 WIB
Jangan Dilanggar, Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes, Lebih Baik Perbanyak Serat!

Ilustrasi Diabetes (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Jakarta —

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD menyampaikan makanan yang jadi pantangan orang diabetes selama berpuasa, jadi sebaiknya dihindari.

Bicara soal bulan Puasa, umat Muslim harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Itu harus dilakukan oleh semua orang dewasa Muslim, termasuk para penderita diabetes.

Tapi, untuk para diabetesi perlu diperhatikan kadar gula darahnya selama berpuasa. Itu karena tak semua penderita diabetes akan merasa aman selama berpuasa.

Usut punya usut, jika seseorang yang menderita diabetesnya itu berisiko alami penurunan gula darah yang signifikan atau memiliki sakit infeksi yang berat itu tak disarankan untuk berpuasa. Sementara itu, jika diabetesi gula darahnya terkendala, maka puasa masih aman dilakukan.

Tapi untuk menghindari hal-hal berbahaya, sebaiknya diabetesi konsultasi pada dokter agar pola makan atau konsumsi obatnya bisa disesuaikan dengan waktu puasa.

Usut punya usut, menurut dr. Melisa ternyata ada minuman dan makanan yang pantang dikonsumsi penderita diabetes, baik saat puasa atau sahur. Nah, rupanya para diabetesi gak boleh makan dan minuman tinggi gula, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Selain itu, dr. Melisa menyebutkan jika jika diabetesi tak boleh makan makanan tinggi lemak. Jika harus konsumsi pun sebaiknya makan dalam jumlah sedikit.

Setelah tahu apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari oleh diabetesi. Kamu harus tahu nih, apa saja makanan dan minuman yang sehat untuk penderita diabetes. Sebaiknya kamu konsumsi makanan tinggi serat, rendah lemak, rendah gula atau karbohidrat dan indeks glikemik rendah saat buka dan sahur.

Makanan yang disarankan untuk diabetes

Mengutip dari penjelasan dr. Melisa pada Rabu (28/3/2024), berikut ini makanan yang direkomendasikan untuk diabetesi saat puasa:

  1. Sayuran: brokoli, wortel, kacang polong, sayuran hijau
  2. Buah: jeruk, melon, apel, pisang
  3. Karbohidrat: nasi merah, oat, roti dan pasta dari gandum utuh
  4. Protein: daging tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe

Sementara untuk minum, hindari yang manis-manis, kamu hanya perlu minum air putih. Jika ingin minum susu, pilih yang rendah lemak dan tanpa gunakan pemanis. 

Baca Juga: Gak Usah Pakai SKM dan Mayonaise, Ini Resep Salad Buah Khusus untuk Diabetesi, Tetap Manis dan Segar Moms!

Baca Juga: Sehat dan Enak, Intip Resep Pisang Panggang Saus Lemon untuk Sarapan Diabetesi, Minim Gula Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan