Menu

Termasuk Penyakit Autoimun, Yuk Kenali Gejala Lupus yang Bisa Serang Seluruh Tubuh, Waspada ya Beauty!

01 April 2024 03:50 WIB
Termasuk Penyakit Autoimun, Yuk Kenali Gejala Lupus yang Bisa Serang Seluruh Tubuh, Waspada ya Beauty!

Ilustrasi penyakit lupus. (Hands-free.co.uk/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Konsultan Alergi dan Imunologi Eka Hospital Bekasi, dr. Anshari Saifuddin Hasibuan, Sp.PD, KAI menjelaskan gejala yang biasa muncul pada penderita lupus. Oh iya Beauty, bicara soal lupus, itu merupakan penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh tubuh, jadi kamu harus waspada!

Itu sebabnya lupus bisa memengaruhi berbagai organ tubuh, seperti persendian, kulit, otak, paru, ginjal, jantung, dan pembuluh darah.

Usut punya usut, kasus lupus di Indonesia, setiap tahunnya itu selalu mengalami peningkatan. Biasanya, penyakit lupus dikaitkan dengan zat kimia dari makanan dan lingkungan, hingga polusi udara.

Meski lupus memang tak bisa disembuhkan secara total, Beauty jangan khawatir saat didiagnosa sakit lupus, karena dengan kemajuan teknologi di bidang medis saat ini, penyakit lupus bisa dideteksi secara dini.

Agar bisa dideteksi sejak dini, Beauty perlu ahu terlebih dahulu gejala lupus agar bisa segera diperiksa.

Gejala Lupus

dr. Anshari menjelaskan jika penyakit peradangan yang menyerang seluruh tubuh ini biasanya menimbulkan gejala yang beragam tergantung pada area mana yang terdampak dalam skala ringan hingga berat.

"Pada kulit, salah satu gejala lupus yang paling khas adalah munculnya ruam di wajah, tepatnya melebar antara pipi dan hidung, yang menyerupai kupu-kupu, sehingga disebut butterfly rush," tutur dr. Anshari dikutip dari keterangan resmi yang diterima Herstory.

Baca Juga: Termasuk Penyakit Autoimun, Bisakah Lupus Disembuhkan? Simak Penjelasan dari Dokter Yuk!

Baca Juga: Tiati Beauty, Konsultan Alergi dan Imunologi Spill 3 Hal yang Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Lupus, Sinar Matahari Salah Satunya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan