Menu

4 Hal Ini Bisa Perburuk Kadar Gula Darah saat Puasa, Diabetesi Harus Hindari!

01 April 2024 01:30 WIB
4 Hal Ini Bisa Perburuk Kadar Gula Darah saat Puasa, Diabetesi Harus Hindari!

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD menyebutkan 4 faktor yang bisa bikin kadar gula darah pada penderita diabetes semakin buruk. Jika Beauty menderita diabetes sebaiknya hindari ya agar tak membahayakan tubuh.

Usut punya usut nih Beauty, ternyata tak semua diabetesi aman untuk berpuasa, lho. Menurut dr. Melisa, pada penderita diabetes yang memiliki risiko penurunan gula darah yang tinggi atau memiliki sifat infeksi berat tak disarankan untuk puasa.

Sementara itu, untuk diabetesi yang gula darahnya masih terkendali, bisa berpuasa. Tapi dengan catatan, sebelum puasa harus konsultasi dengan dokter agar disesuaikan pola makan atau obat yang dikonsumsi. 

Tujuan diabetesi diskusi dengan dokter itu agar bisa disarankan obat yang harus dikonsumsi.

"Biasanya, dokter dapat mengubah atau menggeser jadwal minum obat. Dokter juga mungkin akan melakukan penyesuaian  dosis insulin saat berpuasa," tutur dr. Melisa dikutip dari keterangan resmi yang diterima Herstory.

Rupanya ada lho, kondisi-kondisi yang bisa memperburuk diabetes saat berpuasa, salah satunya pola makan. Jika kamu menerapkan pola makan yang salah, maka dapat memperburuk kadar gula darah saat puasa.

Baca Juga: Tiati Hiperglikemia Kambuh saat Perjalanan Arus Balik, Intip Yuk Gejalanya, Salah Satunya Merasa Haus dan Lapar Terus!

Baca Juga: Jajanan Manis Hingga Makanan Tinggi Natrium Harus Dihindari, Yuk Simak Rekomendasi Makanan Penurun Gula Darah, Diabetesi Wajib Tahu Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan