Menu

Gak Perlu Beli Baru! Ini 4 Cara Mudah Bersihkan Cache Laptop Windows 11 Agar Performa Makin Bagus, Cuss Langsung Coba Beauty!

30 Maret 2024 20:30 WIB
Gak Perlu Beli Baru! Ini 4 Cara Mudah Bersihkan Cache Laptop Windows 11 Agar Performa Makin Bagus, Cuss Langsung Coba Beauty!

Ilustrasi penggunaan laptop di atas paha. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan dan pekerjaan sehari-hari adalah laptop. Kehadirannya bisa mempermudah manusia dan bahkan tak bisa dilepaskan di era modern ini.

Selain banyak fungsi untuk melakukan live streaming video, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi, laptop juga mudah dibawa ke mana-mana. Itulah mengapa banyak orang butuh laptop untuk mempermudah hidupnya.

Selama penggunaan laptop, tentu akan menghasilkan file yang bernama cache. Jika asing istilah cache, data satu ini merupakan file sementara yang berfungsi untuk mempercepat loading. Apabila terlalu banyak cache pada laptop, itu bisa saja mempengaruhi performanya. 

Pada dasarnya, cache ini bisa kamu hapus untuk mengatasi performa laptop yang sudah mulai loyo. Menghapus cache di laptop tentu amatlah mudah dilakukan dan juga aman. Setiap pengguna bisa menghapus cache di laptopnya tanpa khawatir akan ada efek samping. 

Menghapus cache di laptop, pada umumnya ada empat cara yang bisa kamu lakukan. Empat cara ini amatlah mudah kamu lakukan, dan tak akan membahayakan laptop kamu. Berikut cara membersihkan cache di laptop Windows 11. 

1. Membersihkan cache di laptop melalui Disk Cleanup

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan Disk Cleanup. Pada dasarnya, fitur ini tersedia di setiap laptop yang kamu gunakan. Berikut caranya:

  • Ketik Disk Cleanup di menu pencarian, kemudian klik dua kali pada aplikasi tersebut. 
  • Secara otomatis akan muncul driver yang ingin kamu bersihkan dari cache. Klik dan kemudian pilih OK. 
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai. 
  • Pilih Temporary Internet File dan Download Program File kemudian klik Ok. 
  • Jika muncul pop-up baru, klik Delete File. 

2. Membersihkan cache di laptop melalui temp

  • Ketuk Run di search bar. 
  • Apabila sudah muncul klik menu Run dan ketik temp pada kolom yang ada kemudian klik OK. 
  • Secara otomatis kamu akan diarahkan ke dalam file cache yang tersimpan di folder temp. 
  • Hapus semua data yang di sana dengan klik Ctrl + A dan tekan Delete. 

Baca Juga: Rekomendasi Toko Laptop dan Aksesoris Pendukungnya Buat Beauty yang Tinggal di Purwokerto, Semua Brand Ternama Tersedia Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan