Gangguan mata bisa menyerang siapa saja, termasuk pada anak-anak. Apalagi, di zaman sekarang anak-anak sudah terbiasa beraktivitas, mencari hiburan, dan lain sebagainya yang menggunakan ponsel pintar.

Sebagai orang tua, tentu Moms harus lebih teliti terhadap kesehatan mata si kecil. Dengan begitu, Moms bisa melakukan penanganan lebih awal ketika ada yang tak beres dengan kesehatan mata anak.

Untuk itu, Moms harus lebih teliti terhadap beberapa gejala gangguan mata anak yang memang sedikit sulit untuk dideteksi. Melansir dari berbagai sumber, (09/03/20221) berikut merupakan tujuh gangguan mata pada anak yang harus Moms waspadai.

1. Juling

Ketegangan pada mata yang disertai oleh sakit kepala bisa menjadi salah satu gejala kemunculan mata juling. Jika kondisi ini biasanya terjadi setelah membaca atau menonton televisi, maka ini bisa menjadi indikasi adanya kemunculan juling. Pada dasarnya mata juling disebabkan oleh ketidakseimbangan otot-otot mata.

2. Alergi konjungtivitis

Menggosok-gosok mata yang disertai dengan mata kemerahan dan berair merupakan tanda kemunculan alergi mata yang biasa disebut alergi konjungtivitis. Dalam beberapa kasus, alergi ini datang secara musiman. Biasanya, alergi ini juga ditandai dengan pembengkakan ringan pada kelopak mata.

Baca Juga: Bukan Marah, Ternyata Orang yang Melotot Juga Bisa Dibilang Mengalami Masalah Mata Lho! Ini Penjelasannya