Selain bertugas mengurus anak dan suami, Moms juga berperan menajdi bundahara atau bendahara. Hampir setiap rumah tangga, ibu lah yang mengatur keuangannya.

Telah dilakukan penelitian oleh Jakpat kepada 1.120 responden mengenai pengelola keuangan rumah tangga. Survey ini telah dilakukan pada 26 Agustus 2020 dengan teknik sampling probilitas dengan margin kesalahan di bawah 3%, begini penjelasannya

Menggabungkan Akun Bank atau Memisahkannya?

Setiap keluarga pasti mempunyai aturan keuangannya sendiri. Ada yang mengabungkan antara uang suami dan uang istri dalam satu akun bank ada yang memisahkannya. Semuanya tergantung kesepakatan pasangan dari awal membangun rumah tangga.

Mayoritas responden mengaku memiliki rekening bank sendiri dan terpisah dari suami sebanyak 49%. Hal ini banyak diterapakan dalam sebuah rumah tinggi, dengan kondisi suami istri kerja. Selan itu hal ini juga diterapkan oleh pasangan dengan kelas ekonomi menengah ke atas.

Sebaliknya kebanyakan keluarga, yang memiliki kondisi peran istri sebagai ibu rumah tangga mengabungkan antara uang istri dan uang suami dalam satu akun bank. Disamping itu, hal ini juga diterapkan oleh keluarga dengan kondisi eknomi kelas menengah ke bawah.

Baca Juga: Wanita 'Merdeka' Secara Finansial, Pentingkah?