Menu

Bukan Cuma Sikat Gigi, Ini 11 Langkah yang Harus Beauty Lakukan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Harumnya Auto Menyegarkan!

03 April 2024 09:08 WIB
Bukan Cuma Sikat Gigi, Ini 11 Langkah yang Harus Beauty Lakukan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Harumnya Auto Menyegarkan!

Ilustrasi mulut bau (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu merasa saat berpuasa, nafas kerap kali memiliki bau yang sangat khas. Itu karena dari sekian banyaknya manfaat puasa, tapi ternyata puasa rentan menyebabkan gangguan mulut dan gigi, salah satunya bau mulut.

Meski begitu, Beauty gak usah khawatir karena bau mulut itu merupakan hal yang sangat alami terjadi. Itu karena air liur berkurang saat tak ada makanan dan air yang masuk melalui mulut. Akibatnya mulut menjadi kering dan bakteri tumbuh berkali-kali lebih cepat sehingga menimbulkan bau mulut.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima Herstory, Drg. Alexander Bryan- Dokter Gigi Eka Hospital BSD, memberikan beberapa tips bagaimana jaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Sikat gigi Anda selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride setelah sahur dan berbuka saat sebelum tidur untuk mengurangi penumpukan plak. Menyikat gigi membantu menghilangkan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan napas tidak sedap.

2. Gunakan benang gigi 

Jangan lupa membersihkan gigi setiap hari dengan alat antara gigi seperti benang gigi. Selain dapat menghilangkan sisa makanan dan plak dari tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sikat gigi Anda, benang gigi juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit gusi.

3. Bersihkan lidah 

Nah ini sangat penting ya. Karena permukaan lidah kita itu seperti handuk, maka plak akan banyak terperangkap disitu. Agar mulut tetap sehat dan segar, gunakan alat pembersih lidah secara teratur, atau anda dapat menggunakan sikat gigi anda juga. Cara ini dapat mencegah napas bau akibat bakteri yang menumpuk di lidah.

Baca Juga: Puasa Makin Asyik, Ini 5 Rekomendasi Mouthwash yang Aman Digunakan dan Hempas Bau Mulut, Cuss Stok dari Sekarang!

Baca Juga: Bukan Cuma Sikat Gigi, Inilah 10 Tips yang Bisa Beauty Lakukan agar Gigi Tak Rusak, Nomor 8 Gak Banyak Orang yang Tahu Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: