Moms, mengajarkan anak agar mandiri sedari dini tuh perlu lho. Moms bisa memulainya dengan mengajarkan makan sendiri.

Hal ini memang gak mudah. Apa lagi sebagai ibu, Moms selalu ingin memenuhi kebutuhan anak termasuk asupannya. Kadang perasaan gak ingin anak susah atau kotor pun timbul sehingga membuat Moms memanjakannya.

Justru dengan Moms mulai mengajarkan anak makan sendiri hingga melakukan hal-hal kecil lainnya sendiri, bisa melatih anak untuk manidir. Selain itu, anak akan lebih siap mengalami pertumbuhan dan perkembangannya di lingkungan nanti.

Moms bisa mulai memperkenalkan aturan makan yang baik dan benar kepada anak. Hal ini memang membutuhkan kesabaran dan perjuangan seorang orang tua. Jadi Moms harus ekstra sabar.

Selain itu, Moms juga perlu diperkenalkan bagaimana adab dan etika makan. Selanjutnya Moms bisa melatihnya agar untuk makan sendiri. Dengan begitu anak akan mengikutin.

Masalah mengajarkan anak makan sendiri adalah sebagian anak suka mengemut makanan atau mengumpulkannya di dalam mulu saja. Hal ini membuat waktu makan menjadi lama sehingga terkadang muncul rasa jengkel pada orang tua.

Dilansir dari berbagai sumber (09/03/2021), berikut cara mengajarkan anak makan sendiri sejak dini.

Baca Juga: Waduh! Si Kecil Menolak Diajarkan Toilet trainig? Begini Tipsnya Moms!