Menu

Bukan Cuma Makanan Manis, Ini Lho Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes saat Puasa

05 April 2024 01:30 WIB
Bukan Cuma Makanan Manis, Ini Lho Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes saat Puasa

Diabetes. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu menderita diabetes, pasti ada makanan dan minuman yang jadi pantangan sehingga tak boleh dikonsumsi, iya kan?

Nah usut punya usut, menurut keterangan resmi dari dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, ternyata pantangan makanan dan minuman untuk diabetesi saat berpuasa atau tidak, sebenarnya sama saja.

Saat menjalankan ibadah puasa, para penderita diabetes sebaiknya hindari makanan dan minuman tinggi gula dan tinggi lemak saat sahur dan berbuka puasa. Jika ingin mengonsumsinya, bisa pilih dalam porsi kecil.

Sementara itu, untuk rekomendasi makanan dan minuman untuk diabetesi harus tinggi serat, rendah lemak, rendah gula atau karbohidrat, dan indeks glikemiknya rendah.

dr. Melisa pun memberikan rekomendasi makanan untuk diabetesi saat berpuasa sesuai dengan jenis makanannya, simak yuk!

  1. Sayuran: brokoli, wortel, kacang polong, sayuran hijau
  2. Buah: jeruk, melon, apel, pisang
  3. Karbohidrat: nasi merah, oat, roti dan pasta dari gandum utuh
  4. Protein: daging tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe

Sementara itu, untuk rekomendasi minuman untuk penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk konsumsi air putih. Jika kamu ingin minum susu, pastikan pilih susu rendah lemak tanpa pemanis.

Baca Juga: Cocok untuk Diabetesi, Ini Lho 3 Rekomendasi Rice Cooker yang Bisa Bikin Kadar Karbo dan Gula dalam Nasi Jadi Rendah

Baca Juga: Konon Katanya Jahe Bisa Bantu Atasi Diabetes, Beneran Gak Sih? Beauty Kepoin Yuk Faktanya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.