Menu

Beauty Sering Pusing dan Berkunang-kunang? Tiati karena Anemia Aplastik, Yuk Simak Gejala Lainnya!

12 April 2024 20:05 WIB
Beauty Sering Pusing dan Berkunang-kunang? Tiati karena Anemia Aplastik, Yuk Simak Gejala Lainnya!

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu jika penyakit anemia aplastik belakangan ini sering dibicarakan setelah Babe Cabita yang menderita penyakit ini meninggal dunia.

Usut punya usut, anemia aplastik merupakan penyakit langka karena hanya 2 sampai 6 kasus saja per 1 juta penduduk pertahunnya. Menurut dr. Muhammad Pranandi, Sp.PD sebagai dokter spesialis penyakit dalam Eka Hospital Permata Hijau,ternyata anemia aplastik itu diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu anemia aplastik sangat berat, anemia aplastik berat, dan anemia aplastik tak berat.

"Sehingga beratnya gejala yang ditimbulkan berdasarkan derajat dari anemia tersebut. Sehingga anemia aplastik merupakan kondisi yang jarang terjadi dan membutuhkan penanganan medis yang serius," jelas sang dokter dikutip Herstory dari keterangan resmi pada Jumat (11/4/2024).

Sementara itu, dr. Muhammad Pranandi menuturkan jika anemia aplastik merupakan jenis anemia yang terjadi akibat kegagalan dari sumsum tulang untuk produksi komponen sel darah, "seperti sel darah merah atau seluruh komponen darah (sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit). Hal ini terjadi saat tubuh berhenti memproduksi cukup sel darah baru yang tentunya berdampak pada tubuh menjadi mudah serta rentan terhadap infeksi ataupun pendarahan yang tidak terkontrol."

Baca Juga: 2 Jenis Pemeriksaan Penyakit Anemia Aplastik, Penyakit Langka yang Diderita Babe Cabita, Beauty Cari Tahu Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan