Rasa sakit pada bagian perut seringkali membuat wanita takut. Meski kebanyakan rasa sakit pada perut biasanya adalah rasa sakit biasa, namun rasa sakit di perut juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit yang serius, terutama rasa sakit pada perut bagian kiri.

Ada banyak organ yang terletak di perut bagian kiri. Jika rasa sakit disertai dengan gejala lainnya seperti demam atau sesak napas, sebaiknya segera panggil dokter.

Wanita memiliki organ yang berbeda dengan pria, terutama jika sakit terjadi pada perut bagian kiri. Pada perut bagian kiri wanita terdapat beberapa organ yang hanya dimiliki wanita seperti ovarium, tuba falopi, dan rahim. Selain itu, juga ada organ yang sama dengan pria seperti usus.

Rasa sakit yang terjadi pada usus biasanya disebabkan oleh konstipasi, sindrom iritasi usus, gas, dan lainnya. Selain itu, infeksi kandung kemih dan adanya batu ginjal juga bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah.

Dilansir dari berbagai sumber, (09/03/2021) penyakit jantung bisa menyebabkan rasa sakit di perut, begitu juga pneumonia, pankreas, dan sariawan lambung. Pada wanita, rasa sakit pada perut bagian kiri juga bisa dipicu oleh ovulasi, menstruasi, peradangan pelvis, endometriosis, kista ovarium, keguguran, dan hamil anggur. Pada wanita hamil, kontraksi juga bisa terasa pada bagian perut bagian kiri.

Tak semua rasa sakit pada perut bagian kiri menunjukkan adanya sakit yang serius. Kram menstruasi dan konstipasi juga bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kiri.

Baca Juga: Sering Alami Nyeri Panggul? Ini Penyebabnya