Menu

Heboh Youtuber Korea Selatan Daud Kim yang Kumpulkan Donasi untuk Bangun Masjid, Bagaimana Kebenarannya?

19 April 2024 11:59 WIB
Heboh Youtuber Korea Selatan Daud Kim yang Kumpulkan Donasi untuk Bangun Masjid, Bagaimana Kebenarannya?

Daud Kim (naver.com)

HerStory, Jakarta —

Akhir-akhir ini sosok Daud Kim yang merupakan YouTuber asal Korea Selatan sedang jadi perbincangan hangat. Itu dimulai saat Daud Kim menyampaikan keinginannya untuk bangun masjid di daerah Incheon Korea Selatan.

Dalam akun sosial media Daud Kim, dirinya memutuskan jadi mualaf dan mengaku beli tanah karena ingin membangun masjid di Korea.

Setelah itu, ternyata Daud Kim tak berencana bangun masjid dengan dana pribadinya, tapi membuka donasi. Namun, hal itu jadi perdebatan ketika pengumpulan donasi itu dikumpulkan di akun pribadi milik Daud Kim.

Karena hal itu, banyak influencer dari berbagai macam negara, sebut saja Ayana Moon hingga Farah Lee yang berasal dari Malaysia membicarakan soal dana pembangunan masjid yang digagas oleh Daud Kim tersebut.

Lebih lanjut, Farah Lee yang sempat tinggal di Korea Selatan itu pun menjelaskan soal ketidakmungkinan kumpulkan donasi untuk bangun masjid di Korea.

Apalagi di Korea mengumpulkan donasi di akun pribadi adalah tindakan yang ilegal.

“Sebagai individu mengumpulkan donasi akun pribadi secara eksplisit ilegal di Korea Selatan. Dalam kasus penipuan mengambil kembali anda akan sangat sulit,” tulis Farah Lee di akun media sosialnya seperti dikutip dari laman Koreaboo melalui Viva.co.id.

Bukan itu saja, menurut Farah Lee ada salah satu pejabat di Jung-Gu (salah satu distrik Incheon Korea Selatan) menjelaskan jika seseorang hanya menandatangani kontrak penjualan tanah dan belum mendapatkan kepemilikannya. Lalu izin mendirikan bangunan keagamaan seperti masjid itu akan sulit.

Bukan itu saja, tanah yang dimaksud oleh Daud Kim itu merupakan area hijau dengan rasio bangunan ke tanah 20 persen dan rasio luas lantai 80 persen. Sementara itu, jika izin bangunan masjid didirikan, maka hanya 65 hingga 100 meter persegi.

Di sisi lain, ternyata ada seseorang yang mengaku kepada Reporter JTBC terkait rencana pembangunan masjid yang diperuntukan untuk konten.

“Saya berencana membangun gedung mungkin dengan ruang doa kecil atau semacamnya yang dapat digunakan untuk tujuan konten,“ kata seseorang itu kepada reporter JTBC.

Baca Juga: Banyak Menawarkan Pengalaman Eksklusif, Intip Yuk Seatplan dan Rincian Harga Tiket Konser B.I di Jakarta

Baca Juga: Ji Chang Wook Hadiri Fansign Gratis di KOREA 360 Demi Bisa Perluas Hallyu dan Kenalkan Budaya Korea di Indonesia, Simak Yuk Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan