Menu

Tiati Moms, Diabetes pada Ibu Hamil Berisiko Keguguran, Dokter Kandungan Spill Cara Mengatasinya!

21 April 2024 17:35 WIB
Tiati Moms, Diabetes pada Ibu Hamil Berisiko Keguguran, Dokter Kandungan Spill Cara Mengatasinya!

Diabetes. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu harus berhati-hati terhadap diabetes yang terjadi pada masa kehamilan. Penyakit tersebut disebut dengan diabetes gestasional. 

Nah, menurut dr. Hendrik Sutopo, M.BioMed Sp.OG yang merupakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Grand Family, ternyata ada banyak efek buruk yang dirasakan Moms atau janin saat mengidap diabetes gestasional.

Mulai dari alami tekanan darah tinggi saat hamil dan preeklampsia, alami diabetes saat kehamilan berikutnya hingga keguguran atau bayi lahir mati.

Sementara itu, untuk cara mengatasinya, dr. Hendrik pun memberikan beberapa tips yang bisa Moms lakukan. Usut punya usut nih Moms, diabetes gestasional ternyata bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti jaga pola makan dan olahraga. Nah tipsnya agar gula darah tetap terkontrol, kamu bisa simak berikut ini:

  1. Memeriksa kadar gula darah secara rutin
  2. Melakukan USG rutin untuk memantau kondisi bayi
  3. Makan makanan bergizi seimbang pada waktu yang tepat
  4. Olahraga rutin atau aktif bergerak selama masa kehamilan
  5. Melakukan suntik insulin hanya jika diperlukan

Untuk melancarkan tips tersebut, Moms bisa konsultasi dengan ahli gizi terkait apa saja jenis makanan yang aman dikonsumsi. Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan jenis olahraga yang aman untuk Moms hamil dengan diabetes gestasional.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Asinan Buah? Simak Faktanya Yuk Moms!

Baca Juga: Semua yang Dikonsumsi Mom Hamil Harus Diperhatikan, Simak Yuk Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Bumil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.