Menu

Hebat! Dorong Modest Fashion Berbasis Kultur, Ramadan Runway 2024 Hasilkan Omzet 8,8 Miliar

22 April 2024 05:35 WIB
Hebat! Dorong Modest Fashion Berbasis Kultur, Ramadan Runway 2024 Hasilkan Omzet 8,8 Miliar

Ramadan Runaway 2024 (Herstory/istimewa)

HerStory, Jakarta —

Ramadan Runway 2024 sukses digelar selama lebih kurang sebulan sejak seminggu terakhir puasa, lebaran, hingga bulan syawal. Beragam program menarik digelar di Grand Atrium, Ground Floor, Kota Kasablanka, dari 27 Maret hingga 21 April 2024. 

Gelaran mode usungan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) tersebut menyuguhkan beragam gelaran, mulai dari peragaan busana karya beragam desainer muda dan kenamaan dari APPMI, bazar fesyen dari lebih kurang 75 jenama modest, ajang pencarian ikon Ramadan Runway Model Hunt, program pencarian entrepreneur muda di bidang fesyen bertajuk Indonesia Fashion Preneur Competition hasil kolaborasi APPMI dan Spark Fashion Academy (SFA), dan aneka paket acara lain nan menyedot pengunjung Kota Kasablanka. 

Di tengah perlambatan ekonomi akibat ketidakpastian kondisi global, penyelenggaraan Ramadan Runway 2024 justru menyumbangkan kontribusi ekonomi. Angkanya pun naik dari tahun lalu di angka Rp.6,7 miliar. 

"Selama lebih kurang sebulan penyelenggaraan Ramadan Runway 2024, omzet sudah dihasilkan senilai Rp.8,8 miliar. Kami berterima kasih kepada Kota Kasablanka karena sudah 12 tahun berkolaborasi pada penyelenggaraan Ramadan Runway. Sampai jumpa di Ramadan Runway 2025," kata Ketua Pelaksana Ramadan Runway 2024 Erdan Mardani. 

Selain persaan busana dari koleksi desainer dan rumah mode ternama, Ramadan Runway 2024 juga dimeriahkan penampilan spesial dari sejumlah penyanyi, seperti Novia Bachmid, Yuyun Arfa x Pelantun Jiwa, Yan Yosua, Aziz Hendra, Ihsan Tarore, Maria Calista, dan Stevan Pasaribu. 

Penyelenggaraan kali ke-12 Ramadan Runway mengambil tema 'The Splendour Mubarak' atau kemegahan dan keberkahan bulan suci Ramadan dengan inspirasi kemegahan Masjid Al Aqsa di Palestina. 

Kemegahan itu tampak dari rancang bangun panggung runway dengan kubah besar berwarna emas dan bangunan utama berhias ragam ornamen khas mediteranian sebagai tempat keluar-masuk model. 

Tak hanya panggung runway, kemegahan juga terpancar dari rancang busana para desainer untuk koleksi modest perempuan dan laki-laki dengan semburat warna pada motif floral, rustic, batik, dan monogram di atas bahan satin, rayon viscose, hingga shimmer sehingga tampak menyatu dengan tema 'The Splendour Mubarak'. 

Sebagai kiblat modest fashion dunia, menurut Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono, Indonesia memiliki potensi besar karena punya 1,8 miliar market muslim dan tak kalah penting tiap-tiap daerah dari Sabang hingga Marauke memiliki beragam keunikan kultur dan heritage sehingga melahirkan ekspresi rancangan modest fashion unik dan ikonis. 

Baca Juga: Motif Floral Jadi Pattern Favorit Desainer di Ramadan Runway 2024

Baca Juga: Usung Tema The Splendour Mubarak, Ramadan Runway 2024 Resmi Digelar

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah