Menu

Moms Sudah Tahu Belum? Ini Lho Pentingnya Probiotik untuk Sistem Imun Si Kecil

22 April 2024 16:00 WIB
Moms Sudah Tahu Belum? Ini Lho Pentingnya Probiotik untuk Sistem Imun Si Kecil

ilustrasi betapa pentingnya probiotik dalam jaga sistem imun anak dan keluarga agar terhidar dari penyakit (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebagai orangtua menjaga anak tetap sehat dan tumbuh optimal merupakan tanggung jawab yang penting. Moms  dan Dads harus tahu nih biar tumbang anak berjalan lancar, kalian harus memastikan si kecil memiliki daya tahan tubuh dan sistem imun yang kuat.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat hingga jaga sistem pencernaan anak tetap sehat karena sangat berperan penting untuk sistem imun si kecil

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Caesar Givani Sp.PD menjelaskan jika kesehatan pencernaan itu sangat berkaitan erat dengan sistem imun tubuh. Bahkan, saluran cerna itu bertanggung jawab atas produksi 80% antibodi tubuh dalam melawan virus dan bakteri. 

Itu sebabnya saluran cerna sangat berperan terhadap sistem pertahanan dan kesehatan tubuh anak. Jika kesehatan pencernaan terganggu, maka sistem kekebalan tubuh anak dalam melawan infeksi pun akan menurun.

Fyi nih Moms, jika saluran pencernaan mengalami disfungsi atau disbiosis—ketidakseimbangan antara mikroba baik dan buruk—berbagai masalah kesehatan dapat muncul. “Ketidakseimbangan ini dapat mengurangi jumlah bakteri baik yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri patogen. Ini dapat melemahkan respon imun tubuh terhadap infeksi dan memungkinkan patogen berkembang biak lebih bebas,” jelas dr Caesar.

Selain itu, “kesehatan pencernaan yang terganggu juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan defisiensi nutrisi yang diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal. Misalnya, defisiensi vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin D, vitamin B12, dan zat besi, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi,” imbuhnya.

Untuk menghindari ketidakseimbangan bakteri tersebut, maka asupan probiotik anak perlu dijaga. Secara sederhana, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Baca Juga: Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh, Cusss Simak Rekomendasi Makanan Mengandung Probiotik, Bukan Cuma Yoghurt Lho!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Suplemen Probiotik Tetes untuk Bayi, Bantu Tingkatkan Daya Tubuh dan Jaga Pencernaan, Pilih yang Mana Nih Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan