Menu

Mulai dari Teh Basi hingga Gula Pasir, Inilah 5 Bahan Dapur yang Bisa Jadi Body Care Alami, Intip Juga Yuk Cara Mengolahnya!

22 April 2024 17:25 WIB
Mulai dari Teh Basi hingga Gula Pasir, Inilah 5 Bahan Dapur yang Bisa Jadi Body Care Alami, Intip Juga Yuk Cara Mengolahnya!

Ilustrasi rempah-rempah atau bumbu dapur. (Monticello via Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini hampir semua wanita sudah paham bagaimana pentingnya merawat diri. Tak heran, bukan hanya skincare yang banyak peminatnya, kini bodycare pun makin banyak diburu.

Nah, body care dengan kandungan bahan alami memang selalu jadi favorit banyak orang karena dianggap lebih ampuh hempas permasalahan kulit tanpa menimbulkan efek samping. Usut punya usut nih Moms, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur untuk membuat body care sendiri lho.

Gak kaleng-kaleng, ternyata khasiatnya banyak banget, baik untuk kulit, untuk badan, untuk rambu, hingga kesehatan kuku.

Berkaitan dengan itulah, Herstory akan rangkumkan beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan jadi bodycare. Jika tertarik, cusss simak ulasannya seperti dikutip dari buku 199 Tips Cantik Mudah dan Murah karya Andini berikut ini.

1. Keramas dengan teh basi

Beauty, seringkali orang membuang teh yang sudah basi. Tapi tahukah kamu ternyata teh basi memiliki banyak manfaat, salah satunya atasi kerontokan.

Apalagi sekarang ini banyak orang merasa rambutnya sering rontok. Usut punya usut, rambut rontok banyak sekali penyebabnya, entah polusi atau kebiasaan gonta-ganti sampo yang bikin rambut jadi kekurangan gizi hingga akhirnya rontok.

Nah, untuk mengatasi masalah rontok itu, kamu bisa coba keramas dengan air teh basi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menginapkan semalam teh tawar. Lalu gunakan untuk keramas.

2. Gula pasir untuk scrub mandi

Beauty, jika tiba-tiba kamu kehabisan scrub yang akan digunakan untuk eksfoliasi kulit. Kamu bisa ganti dengan gula pasir. Caranya cukup mudah, tinggal campurkan gula pasir dan baby oil dengan perbandingan secukupnya. Jumlahnya kira-kira saja sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah jadi, gosok scrub gula dan baby oil ke seluruh tubuh atau bagian kulit yang terasa kasa, lanjutnya langsung mandi saja seperti biasa.

3. Atasi kaki pecah-pecah dengan air garam

Beauty, jika kamu sedang menghadapi masalah tumit kering dan pecah-pecah, kamu bisa atasi dengan air garam. Caranya cukup mudah, campurkan 3 sendok makan garam dengan air panas dalam ember. 

Setelah itu, rendam kaki kamu yang sudah bersih di air garam tersebut. Jika terasa sakit, kamu bisa angkat sebentar dan rendam lalu. Lakukan sampai air dingin.

Selanjutnya kamu perlu mengeringkan kaki, lalu oleskan pelembap. Lakukan kegiatan ini setiap hari agar masalah kaki pecah-pecah bisa teratasi.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Teknik Terbaik untuk Hair Transplant, Sudah Bisa Dilakukan di Jakarta Lho

Baca Juga: Mengenal Hybrid Filler, Treatment Kecantikan yang Bisa Atasi Berbagai Masalah Secara Instan dan Tahan Lama

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan