Menu

Punya Misi #RUNFORPUAN di London Marathon 2024, Ayobantu Perjuangkan Pemberdayaan Wanita di Pangalengan, Intip Yuk Kisah Inspiratifnya!

22 April 2024 18:10 WIB
Punya Misi #RUNFORPUAN di London Marathon 2024, Ayobantu Perjuangkan Pemberdayaan Wanita di Pangalengan, Intip Yuk Kisah Inspiratifnya!

Founder dan CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani di London Marathon 2024 (Istimewa/edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tanggal 21 April kemarin setiap tahunnya selalu dirayakan sebagai Hari Kartini. Tujuannya perayaan tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada R.A Kartini yang memperjuangkan kesetaraan gender dan emansipasi wanita. 

Namun sayang, di tahun 2024 ini masih ada saja stigma yang menyebutkan jika kodrat seorang wanita dalam keluarga itu hanya menjadi seorang ibu dan istri saja.

Bahkan, di wilayah Pangalengan, Jawa Barat misalnya, pernikahan di usia dini bagi wanita dianggap sebagai hal yang biasa saja. Padahal, mereka juga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk menggapai mimpi dan cita-cita mereka. 

Di sisi lain, data dari komunitas olahraga Agung Mulyawan Track Club (AMTC) menunjukkan bahwa potensi kaum hawa di wilayah penghasil sayuran tersebut cukup besar, seperti di bidang olahraga lari.

Maka dari itu, berbekal semangat Kartini, Founder dan CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani melanjutkan perjuangan tokoh emansipasi wanita tersebut di ajang London Marathon 2024 yang berlangsung tepat di Hari Kartini, 21 April 2024. 

Bukan hanya sekadar lari biasa, Agnes juga mengemban misi #RUNFORPUAN, sebuah program kolaborasi bersama AMTC untuk memberdayakan perempuan di kawasan Pangalengan, Jawa Barat.

London Marathon 2024 dinilai menjadi ajang yang tepat untuk menyuarakan #RUNFORPUAN karena akan menyita atensi dunia. Selain masuk ke dalam kalender marathon paling bergengsi di dunia, ajang tahunan ini juga akan melewati lanskap ikonik di Tanah Britania, seperti Greenwich Park, Tower Bridge, The Tower of London, The London Eye, Big Ben, dan berakhir di Istana Buckingham. Dengan jarak tempuh sepanjang 42.164 km, London Marathon 2024 juga menjadi salah satu ajang maraton tertua di dunia karena telah berlangsung sejak tahun 1981. 

Baca Juga: Pantas Dapat Gelar Kartini Masa Kini, 2 Tenaga Kesehatan di Papua Ini Aktif Beri Edukasi Kesehatan Wanita Lewat TikTok, Intip Kisahnya Yuk!

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan