Menu

Bisa Tingkatkan Gula Darah, Ini 3 Jenis Makan yang 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes Mellitus

25 April 2024 05:30 WIB
Bisa Tingkatkan Gula Darah, Ini 3 Jenis Makan yang 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes Mellitus

Penyakit Diabetes. (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Jakarta —

Beauty, untuk para penderita diabetes mellitus atau yang sering disebut kencing manis memang sangat penting untuk kontrol gula darah dalam tubuh karena jika terus naik kadarnya bisa membahayakan, bahkan menyebabkan komplikasi.

Meski gak usah khawatir, mengutip dari buku Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes Mellitus, ternyata para diabetesi tetap bisa hidup nyaman dan berumur panjang asal bisa mengendalikan penyakitnya.

Caranya bisa dibilang simpel tapi harus dilakukan konsisten, mulai dari menjalani hidup sehat, berusaha untuk mempertahankan berat badan normal, rutin berolahraga, menerapkan pola makan sehat dengan konsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks dan serat, hindari konsumsi karbohidrat sederhana, batasi konsumsi lemak. Kamu sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki nilai indeks glisemiknya rendah dan indeks kekenyangannya tinggi, maka kamu harus tepat memilih jenis makanan.

Untuk jenis makanan yang dianjurkan ada sumber karbohidrat, sumber protein rendah lemak, buah, hingga sayur.

Sementara itu, para diabetesi pun harus tahu beberapa makanan yang tak dianjurkan oleh penderita diabetes karena bisa membahayakan, cusss simak berikut ini:

1. Makanan tinggi gula sederhana, seperti gula pasir, gula aren, selai, jeli, sirup, susu kental manis, kue-kue manis, cake, dodol, buah-buahan yang diawetkan dengan gula, es krim, dan soft drink.

2. Makanan tinggi lemak, seperti cake, gorengan, hingga fast food.

Baca Juga: Cocok untuk Diabetesi, Ini Lho 3 Rekomendasi Rice Cooker yang Bisa Bikin Kadar Karbo dan Gula dalam Nasi Jadi Rendah

Baca Juga: Konon Katanya Jahe Bisa Bantu Atasi Diabetes, Beneran Gak Sih? Beauty Kepoin Yuk Faktanya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan