Menu

Wajib Perhatikan, Ini 4 Penyebab Anak Terlambat Bicara, Catat Ya Moms!

26 April 2024 16:40 WIB
Wajib Perhatikan, Ini 4 Penyebab Anak Terlambat Bicara, Catat Ya Moms!

Ilustrasi anak main di lantai (Sumber: Freepik)

HerStory, Jakarta —

Ganguan bicara dan bahasa seringkali dialami anak, mulai dari bicara yang gak jelas hingga kesulitan mengungkapkan apa yang dibutuhkan. 

Kondisi tersebut tentu membuat para orangtua khawatir. Padahal, perkembangan berbicara tiap anak berbeda-beda. Penyebab anak terlambat bicara bisa terjadi karena berbagai faktor. 

Nah, untuk mengetahui beberapa penyebab anak terlambat bicara, yuk simak ulasan singkat di bawah ini.

1. Adanya Gangguan Pengendalian Gerakan

Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena adanya gangguan neurologis yang disebut dengan apraksia. Apraksia sendiri bisa dipicu karena cedera dan kelainan pada lobus parietal otak. Hal ini bisa terlihat secara jelas, dari tanda sulitnya anak menggerakkan wajah, kaki, atau tangan.

Otot di sekitar mulut gak dapat menerima arahan dari otak untuk mengkoordinasikan gerakan, sehingga anak akan sulit untuk berbicara.

2. Masalah Perkembangan

Ada beberapa masalah perkembangan yang jadi penyebab anak terlambat bicara. Misalnya cerebral palsy, cedera otak traumatis, dan kondisi otot yang kurang sempurna. Kondisi ini bisa membuat anak-anak belum mampu bicara pada usianya saat ini, dan bahkan berpengaruh pada kemampuan komunikasinya.

Di kasus lain, anak terlambat bicara juga bisa jadi indikasi bahwa anak mengalami tanda awal autisme.

Baca Juga: 4 Penyebab Anak Terlambat Bicara, Yuk Simak Baik-baik Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan