Menu

Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

26 April 2024 23:50 WIB
Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Tokopedia Bicara Tren Belanja (Istimewa/Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 menjadi peluang bisnis online bagi para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia. 

“Peluang dari momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru, yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” ungkap E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, Nuraini Razak. 

“Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk Groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), Rumah Tangga dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” ungkap Nuraini. 

Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga. 

Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024. 

Sedangkan pada Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama. Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia merekap secara lebih detail dampak serta tren belanja online masyarakat Indonesia dari deretan inisiatif yang telah dilakukan selama Ramadan-Lebaran 2024. 

Kampanye 'Ramadan Ekstra Seru' dari Tokopedia dan Shop | Tokopedia dongkrak penjualan hingga berkali lipat untuk produk berbagai kategori “Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat juga bisa mendapatkan pilihan produk lokal yang semakin beragam dengan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran,” tambah Nuraini. 

“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” jelas Nuraini. 

Selain itu, TikTok melalui Shop | Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024. 

Usung produk-produk buatan brand lokal lewat kampanye 'Beli Lokal', penjualan sejumlah brand lokal naik hingga 9 kali lipat di Tokopedia

Selain itu, Tokopedia bersama TikTok terus menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. 

“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini. 

Di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023. 

Tokopedia bersama TikTok melalui Shop | Tokopedia pun membagi kisah inspiratif Tulus Skin, Jenna and Kaia dan Hijrahfood Meatshop yang telah membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran. 

Brand lokal perawatan wajah Tulus Skin alami kenaikan penjualan signifikan selama Ramadan-Lebaran 2024

Berawal dari memiliki permasalahan kulit wajah yang beragam, mulai dari kulit kering hingga sensitif, Jessica Anggrainy, Michelle Koesnadi, Melfin Novi Ustaman, Josephine Widira, dan Patricia Stephanie mendirikan Tulus Skin di tahun 2019 dan merilis produk pertama, yakni cleanser atau pembersih wajah. 

“Dalam pembuatan produk Tulus Skin, kami juga menggunakan bahan baku lokal. Setiap produk Tulus Skin juga selalu diuji coba terlebih dulu oleh kami berlima demi memastikan produk kami cocok dengan kondisi kulit yang berbeda. Kami tidak mau memberikan janji berlebih kepada para pelanggan, karena prinsip kami sejalan dengan nama Tulus Skin itu sendiri, yaitu kejujuran, transparansi dan kebersihan di setiap pembuatan produk,” jelas salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy. 

Baca Juga: Suasana Makin Gerah, Tokopedia Spill 5 Tips Pilih Baju di Musim Panas, Penting Banget yang Menyerap Keringat

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan