Menu

Bikin Penampilan Gak Oke, Apa Sih Penyebab Muncul Mata Panda dan Kantung Mata? Hindari dari Sekarang Yuk!

01 Mei 2024 19:49 WIB
Bikin Penampilan Gak Oke, Apa Sih Penyebab Muncul Mata Panda dan Kantung Mata? Hindari dari Sekarang Yuk!

Ilustrasi Mata Panda (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang percaya munculnya mata panda dan kantung mata hanya karena kelelahan dan kurang tidur. Gak cuma membuat tubuh merasa mudah lelah, munculnya mata panda dan kantung mata juga sering kali dikaitkan dengan hal ini.

Memang, mata juga bisa memberikan tanda kelelahan itu lewat kemunculan mata panda dan kantung mata sehingga membuat penampilan makin gak oke.

Meski sering dikaitkan satu sama lain, ternyata penyebab utama mucnulnya mata panda dan kantung mata gak cuma itu lho Beauty. 

Lalu, apa sih penyebabnya? Dilansir dari siaran pers KMN EyeCare dan sudah ditinjau oleh Dr. Kevin, SpM yang diterima HerStory, berikut adalah penyebab utama munculnya mata panda dan kantung mata, simak yuk!

Mata Panda

Mata panda adalah kondisi saat kulit di sekitar mata menggelap, biasanya berwarna keunguan atau kebiruan. Penyebab umum dari mata panda adalah kurang tidur, stres, pola tidur yang tak teratur, hingga genetika. Mata panda juga dapat berhubungan dengan peradangan kulit di sekitar mata. 

Faktor-faktor penyebab di atas menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menyebabkan warna gelap pada kulit di bawah mata. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa memperburuk kondisi mata panda kamu lho Beauty.

Sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang produksi melanin atau pigmen kulit dan memperburuk dark circle di sekitar mata kamu.

Kantung Mata

Berbeda dengan mata panda, kantung mata adalah pembengkakan yang terjadi di bawah mata. Kondisi seperti ini terjadi ketika lemak atau cairan menumpuk di bawah mata, menyebabkan pembengkakan yang terlihat seperti kantung. 

Kantung mata dapat disebabkan oleh faktor seperti penuaan, genetika, alergi, asap rokok, diet yang buruk, atau konsumsi garam yang berlebihan. 

Pada beberapa kasus, kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebabnya munculnya kantung mata.

Baca Juga: JEC Berikan Tindakan Operasi Kelopak Mata Gratis, Jangan Minder Lagi Yah Beauty

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, Apa Sih Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda? Kamu Punya Masalah yang Mana Nih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan