Menu

Gak Cuma Orang Dewasa, Ini 3 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Serang Anak-anak, Waspada Ya Moms!

02 Mei 2024 16:50 WIB
Gak Cuma Orang Dewasa, Ini 3 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Serang Anak-anak, Waspada Ya Moms!

Penyakit Impetigo Bulosa (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, banyak orang tahu bahwa penyakit menular seksual adalah penyakit yang menyerang orang dewasa karena bermula dari penyakit infeksi yang ditularkan melalui kontak seksual, baik secara seks vaginal, oral, maupun anal.

Namun ternyata, penyakit seksual juga bisa diidap anak kecil lho Moms lantaran bisa menular melalui darah, sperma, atau cairan tubuh lainnya.

Mengenai hal tersebut, Juru Bicara Kementeran Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Mohammad Syahril menyebutkan bahwa ada tiga penyakit menular seksual yang paling berisiko menular pada anak, yaitu human immunodeficiency virus (HIV), sifilis (raja singa), dan hepatitis B.

"Ada tiga kemungkinan anak tertular penyakit menular seksual, yakni saat dalam kandungan, saat proses melahirkan, dan saat proses menyusui," kata dr. Syahril dalam konferensi pers virtual, Senin (8/5/2023).

Penyakit menular seksual, terutama HIV dan sifilis sebagian besar ditularkan dari ibu ke anak. Pada kasus HIV, penularan dari jalur ibu ke anak menyumbang angka sebesar 20% hingga 40%.

"Nah, penularan HIV dari jalur ibu ke anak ini menyumbang sebesar 20% sampai 45i seluruh sumber penularan HIV lainnya, seperti seksual, jarum suntik, dan transfusi darah yang gak aman," paparnya.

Baca Juga: Profil Venny Alberti, Selebgram yang Kena Peyakit Kelamin Gegara Suami Doyan 'Jajan di Luar' dan Ganti Wanita 5 Kali Sehari! Alamak...

Baca Juga: Berkaca pada Kasusnya Venny Alberti yang Tertular Gonore karena Akash Elahi, Moms-Dads Harus Tahu 5 Cara Cegah Penyakit Menular Seksual!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan